Pelemahan Rupiah Diharap Terbatas

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 14 Feb 2018 10:24 WIB
kurs rupiah
Pelemahan Rupiah Diharap Terbatas
Ilustrasi. (Foto: Antara/Akbar Nugroho).

Jakarta: Pelemahan mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) diharapkan terbatas, menyusul pada perdagangan kemarin terpantau merosot.

"Rupiah masih tertahan kenaikannya. Meski USD mulai terdepresiasi, tapi tidak membuat rupiah menguat, karena terhalangi penguatan euro. Diharapkan pelemahan dapat lebih terbatas di hari ini," ungkap Analis Senior PT Binaartha Parama Sekuritas Reza Priyambada, dalam riset hariannya, Rabu, 14 Februari 2018.

Reza memprediksi adanya peluang rupiah kembali melemah karena mata uang Garuda diproyeksikan akan bergerak di kisaran support Rp13.662 per USD. Sedangkan posisi resisten akan berada di Rp13.642 per USD.

"Walaupun demikian, kita harus ‎tetap waspada berbagai sentimen yang dapat memicu pelemahan rupiah kembali," jelas Reza.

Reza menyatakan ‎gerak rupiah cenderung stagnan di sepanjang perdagangan hari kemarin, seiring belum meningkatnya permintaan akan mata uang Garuda. 

"Berbalik naiknya euro, seiring meredanya kenaikan USD membuat pergerakan rupiah cenderung masih tertahan, karena pelaku pasar lebih memanfaatkan momentum untuk masuk ke euro," tambah Reza.

Reza mengakui adanya pernyataan positif dari Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto mengenai potensi pertumbuhan serta kondisi pasar domestik yang menjadi alasan investor asing berminat masuk ke Indonesia, memengaruhi gerak rupiah.

"Tapi sentimen positif itu tidak cukup kuat untuk mengangkat rupiah naik. Pada akhirnya rupiah tetap tertekan hingga akhir perdagangan kemarin," tutup Reza.

 


(AHL)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA