Pelemahan Poundsterling Buat Rupiah Tertekan terhadap USD

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 11 Jul 2018 09:37 WIB
kurs rupiah
Pelemahan Poundsterling Buat Rupiah Tertekan terhadap USD
Seorang nasabah menunjukkan uang kertas rupiah baru tahun emisi 2016 (ANTARA FOTO/M N Kanwa)

Jakarta: Pergerakan mata uang poundsterling melemah seiring kondisi internal Pemerintahan Inggris yang terganggu. Hal itu karena keluarnya dua pejabat penting terkait keputusan Inggris keluar dari keanggotaan Uni Eropa atau Brexit yang akhirnya dimanfaatkan dolar Amerika Serikat (USD) untuk menguat.

Senior Analyst CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan hal tersebut memberi imbas kepada pelamahan nilai tukar rupiah terhadap USD di mana nilai tukar rupiah gagal melanjutkan kenaikannya. Namun, sejumlah sentimen positif diharapkan bisa terus berdatangan agar nilai tukar rupiah kuat berbaris di zona hijau.

Selain itu, imbauan dari salah satu lembaga peneliti terkait pelemahan nilai tukar rupiah yang mengatakan perlunya upaya peningkatan ekspor guna menstabilkan mata uang rupiah belum cukup kuat memberikan stimulus positif untuk nilai tukar rupiah berada di zona penguatan.

"Termasuk langkah pemerintah yang sedang mengidentifikasi sejumlah sektor yang terkena dampak terjadinya perang dagang AS-Tiongkok juga belum cukup kuat mempertahankan rupiah di zona hijaunya," kata Reza, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Rabu, 11 Juli 2018.

Lebih lanjut, Reza memperkirakan, nilai tukar rupiah di hari ini bergerak di kisaran Rp14.363 sampai dengan Rp14.343 per USD. Adapun pergerakan nilai tukar rupiah masih harus kembali diuji ketahanannya untuk dapat berbalik arah melanjutkan tren kenaikannya.

"Masih rentannya rupiah menghalangi potensi kenaikan lanjutan sehingga perlu dicermati berbagai sentimen, terutama pergerakan sejumlah mata uang global terhadap USD. Tetap mencermati dan mewaspadai jika kenaikan ini hanya bersifat sementara," pungkas Reza.

 


(ABD)


Polda Perketat Pintu Masuk Bali

Polda Perketat Pintu Masuk Bali

17 minutes Ago

Untuk mengantisipasi gangguan keamanan lainnya seperti aksi demo saat IMF-WB berlangsung, polis…

BERITA LAINNYA