Pernyataan Sandiaga Ciptakan Ketidakpastian Pembangunan Jalan Tol

Annisa ayu artanti    •    Senin, 05 Nov 2018 19:02 WIB
cmnpsandiaga uno
Pernyataan Sandiaga Ciptakan Ketidakpastian Pembangunan Jalan Tol
Direktur Utama PT Citra Marga Nusaphala Tbk (CPNP) Tito Sulistio. Medcom/Desi A.

Jakarta: Direktur Utama PT Citra Marga Nusaphala Tbk (CPNP) Tito Sulistio mengaku pihaknya dipertanyakan oleh perbankan akibat pernyataan calon wakil presiden nomor urut dua Sandiaga Uno yang mengatakan akan menggratiskan jalan tol.

Tito mengatakan pernyataan Sandiaga itu menimbulkan ketidakpastian baru terhadap pengembangan infrastruktur di Indonesia. Sehingga, pihak perbankan pun mempertanyakan hal tersebut kepada CMNP.

"Itu langsung ditanya oleh bank, memang 30 tahun kamu mau gratiskan? Jadinya, saya harus terangkan pelan-pelan jadi intinya seorang pemimpin dan calon pemimpin kalau bicara dampaknya besar kepada pasar swasta," kata Tito di Gedung BEI, Jakarta, Senin, 5 November 2018.

Ia mengungkapkan di tengah kondisi saat ini dalam menjalankan bisnis pelaku pasar berharap kepastian dunia usaha. Sementara itu, pernyataan pasangan Prabowo Subianto itu justru menimbulkan ketidakpastian baru.

"(Pernyataan Sandiaga) Menambah uncertainty saya setuju. Musuh kita sekarang itu uncertainty. Saya tidak hanya bicara jalan tol, tapi segala macam. Ada uncertainty di ekonomi kita tidak pernah tahu. Orang itu mau cari stabilitas," ungkap dia.

Tito sebelumnya juga pernah mengatakan pernyataan Sandiaga terkait penggratisan jalan tol itu kurang tepat. Pasalnya, tidak semua jalan tol di Indonesia dibangun oleh pemerintah pusat. Ada juga yang dibangun bersama pihak swasta.

Dalam perjanjian, perusahaan swasta yang terlibat pembangunan jalan tol itu diperbolehkan mengambil untung.

"Dalam kenyataannya jalan tol itu jalan alternatif. Bukan jalan utama. Tol itu bisa dibangun oleh pemerintah pusat tapi pemerintah juga mengajak swasta," tutur dia.

Seperti diketahui, Sandiaga menjanjikan akan menggratiskan jalan tol yang sudah lama beroperasi jika ia terpilih menjadi wakil presiden. Pernyataannya itu dilontarkan beberapa saat setelah Presiden Jokowi mengumumkan menggratiskan jalan tol Jembatan Suramadu.


(SAW)


Merpati dalam Cangkang

Merpati dalam Cangkang

22 hours Ago

NASIB maskapai penerbangan PT Merpati Nusantara Airlines (persero) bak burung dalam sangkar.

BERITA LAINNYA