Pelindo IV Catat Obligasi Rp3 Triliun

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 05 Jul 2018 12:31 WIB
pelindo
Pelindo IV Catat Obligasi Rp3 Triliun
Manajemen Pelindo IV saat mencatatkan obligasi senilai Rp3 triliun di Bursa Efek Indonesia (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)

Jakarta: PT Pelabuhan Indonesia IV melakukan pencatatan obligasi senilai Rp3 triliun di Bursa Efek Indonesia (BEI). Aksi korporasi itu dilakukan untuk membangun beberapa pelabuhan di Kawasan Timur Indonesia yang harapannya nanti bisa mempercepat laju bisnis dan meningkatkan akses konektivitas.

Obligasi yang ditawarkan pada penerbitan perdana tahun ini terlihat banyak diminati masyarakat karena mengalami kelebihan permintaan atau oversubscribed. "Ini tentu sangat menggembirakan dan menunjukkan kepercayaan investor kepada Pelindo IV," kata Direktur Utama Pelindo IV Doso Agung, di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis, 5 Juli 2018.

Dari catatan perseroan, penerbitan obligasi ini dibagi dalam tiga tenor yakni seri A untuk lima tahun, seri B untuk tujuh tahun, dan seri C untuk 10. Obligasi ini akan memiliki bunga tetap dan bunga dibayarkan setiap triwulan dengan basis 30/360. Obligasi I Pelindo IV Tahun 2018 ini memperoleh hasil pemeringkatan idAA (Double A) dari PT Pemeringkatan Efek Indonesia.

Doso menjelaskan dana yang terkumpul dari obligasi ini digunakan sebagai tambahan pendanaan selain dana dari internal untuk pengembangan kawasan timur Indonesia lebih lanjut. Hal itu dianggap penting agar konektivitas antarpelabuhan dapat segera diwujudkan dan disparitas harga di wilayah timur Indonesia dapat diatasi.

Dalam penerbitan obligasi ini yang bertindak sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Obligasi emiten berkode PIKI ini adalah PT Danareksa Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, PT BNI Sekuritas, PT Indo Premier Sekuritas, dan PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia.

 


(ABD)