Bayar Utang

Medco Power Terbitkan Obligasi dan Sukuk Rp1,2 Triliun

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 05 Jul 2018 11:31 WIB
medco international
Medco Power Terbitkan Obligasi dan Sukuk Rp1,2 Triliun
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Jakarta: PT Medco Power Indonesia resmi mencatatkan surat utang pertama di 2018 dalam bentuk obligasi dan sukuk wakalah yang masing-masing berjumlah sebesar Rp600 miliar. Artinya, total jumlah surat utang tersebut mencapai Rp1,2 triliun yang dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Selama masa penawaran, obligasi dan sukuk wakalah ini mengalami kelebihan permintaan terutama pada sukuk wakalah. Adapun sukuk wakalah merupakan surat utang dengan skema obligasi syariah pertama kali yang diterbitkan oleh entitas non pemerintahan di Indonesia.

Direktur Utama Medco Power Indonesia Eka Satria mengatakan sebagai perusahaan yang baru pertama kali menerbitkan obligasi, permintaan tinggi atas obligasi dan sukuk wakalah ini mencerminkan kepercayaan masyarakat kepada perusahaan.

"Kami catat ada kelebihan permintaan di sukuk wakalah pertama di perusahaan di luar pemerintah," kata Eka, di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis, 5 Juli 2018.

Eka menjelaskan tujuan dari penerbitan obligasi dan sukuk wakalah ini adalah untuk mengoptimalkan kas manajemen, pembayaran kembali atas utang anak perusahaan, memperkuat belanja modal, dan pendanaan untuk pengembangan proyek ke depan antara lain PLTGU Riau 275 MW dan proyek PLTP Ijen 110 MW.

Adapun untuk obligasi ini terdiri dari tiga seri dan tingkat suku bunga yang berbeda. Seri A senilai Rp279 miliar dengan tingkat bunga 9,75 persen per tahun untuk jangka waktu tiga tahun.  Seri B senilai Rp63 miliar dengan tingkat bunga 10,25 persen untuk jangka waktu lima tahun.

Seri C senilai Rp43 miliar dengan nisbah sebesar Rp4,622 miliar per tahun atau ekuivalen 10,75 persen dengan jangka waktu tujuh tahun. Hasil pemeringkatan untuk obligasi dari Pefindo adalah idA dan untuk sukuk wakalah adalah idA.

 


(ABD)


Perang Dagang AS-Tiongkok Tidak Pengaruhi Ekspor Indonesia

Perang Dagang AS-Tiongkok Tidak Pengaruhi Ekspor Indonesia

1 hour Ago

Perang dagang yang kini tengah berkecamuk antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok secara langs…

BERITA LAINNYA