Tekanan Pelemahan Rupiah Masih akan Terasa

Ade Hapsari Lestarini    •    Kamis, 13 Oct 2016 08:16 WIB
kurs rupiah
Tekanan Pelemahan Rupiah Masih akan Terasa
Ilustrasi. (FOTO: Reuters)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergerakan nilai tukar rupiah masih akan terjaga pelemahannya karena terseret faktor eksternal. Rupiah pun masih akan tertekan isu global.

"Dolar index yang menguat serta minyak yang melemah hingga dini hari tadi berpeluang menjaga tekanan pelemahan ke rupiah walaupun beberapa kabar positif dari domestik bisa memberikan peluang apresiasi," jelas analis Samuel Sekuritas Rangga Cipta, dalam hasil risetnya, Kamis (13/10/2016).

Rangga menjelaskan, kondisi rupiah masih tertekan isu global walaupun ditopang beberapa berita positif seperti membaiknya realisasi pajak serta harapan tinggi didapatkannya investment grade.

"Di perdagangan Rabu kemarin, rupiah terpantau melemah bersama seluruh kurs di Asia terhadap dolar AS," tuturnya.

Seperti diketahui, dolar index mempertahankan tren penguatannya setelah rilis FOMC meeting mempertegas rencana kenaikan FFR target dalam waktu dekat.

Di sisi lain, lemahnya yen akibat rencana BoJ luncurkan stimulus tambahan, ikut menguatkan dollar. Harga minyak kembali turun walaupun secara umum jauh lebih kuat dibanding bulan lalu.

"Pagi ini fokus langsung beralih ke data perdagangan Tiongkok yang bisa memberikan petunjuk atas prospek PDB kuartal III-2016 yang dirilis minggu depan," pungkas dia.


(AHL)