Bank Mandiri Buka Peluang Akuisisi Perbankan dan Multifinance

Annisa ayu artanti    •    Senin, 07 Jan 2019 20:36 WIB
bank mandiri
Bank Mandiri Buka Peluang Akuisisi Perbankan dan <i>Multifinance</i>
Bank Mandiri (MI/Angga Yuniar).

Jakarta: PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) akan mengakuisisi bank atau multifinance untuk mendukung pertumbuhan perseroan secara non-organik.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan peluang untuk mengakuisisi perusahaan perbankan dan multifinance selalu ada untuk memperbesar bisnis yang ada saat ini. 

"Kita memang berusaha cari perusahaan di jasa keuangan baik bank maupun multifinance yang memiliki complementary bisnis, yang bisnisnya tidak sama dengan segmen dan produk dari bank mandiri, yang memang mendekati bisnis yang sudah ada Mandiri," jelas Tiko di Kantor Pusat Bank Mandiri, Jakarta, Senin, 7 Januari 2019.

Tiko menjelaskan, dana yang akan digunakan untuk akusisi tersebut rencananya akan diambil dari kas internal yaitu dari Rasio Kecukupan Modal (Capital Adequacy Ratio/CAR). Saat ini CAR Bank Mandiri melebihi target yaitu sekitar 21 persen. Adapun target CAR Bank Mandiri sebesar 16,5 persen.

"Kita ada kelebihan CAR sekitar empat persen kalau kita konversi ke rupiah sekitar Rp30 sampai Rp35 triliun jadi memang kita ada ada exces Rp35 triliun yang bisa kita gunakan untuk pendanan untuk akuisisi," sebut dia.

Namun demikian, ketika ditanya spesifik mengenai rencana tersebut Tiko tidak membeberkannya. Dia mengaku tak ada target spesifik yang ditentukan perseroan. 

"Tapi belum ada target perusahaan yang spesifik yang sepsifik yang kita bisa announce," pungkas dia.


(SAW)