Mandiri Rogoh Rp1 Triliun Bebaskan Lahan

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 07 Feb 2019 20:12 WIB
bank mandiri
Mandiri Rogoh Rp1 Triliun Bebaskan Lahan
Illustrasi. MI/ADAM DWI.

Jakarta: PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyatakan memberikan dana talangan untuk pembebasan lahan dalam kepentingan pembangunan Jalan Tol Trans Jawa ruas Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) pada PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Senior Vice President Corporate Banking Bank Mandiri Yusak LS Silalahi mengatakan plafon dana talangan yang diberikan tersebut sebesar Rp1 triliun. Yusak mengatakan dana talangan tersebut berasal dari sindikasi beberapa bank, selain Mandiri, ada juga BCA, BRI dan BNI.

"Kita ada empat bank sindikasi, kalau enggak salah Rp4 triliun, kita ambil Rp1 triliun," kata Yusak di Menara BCA, Jakarta Pusat, Kamis, 7 Februari 2019.

Adapun tahap pertama, dana talangan yang telah ditandatangani dari kredit sindikasi tersebut sebesar Rp2,52 triliun. Masing-masing institusi perbankan tersebut mengucurkan Rp630 miliar. Sementara sisanya akan ditandatangani di waktu mendatang.

"Semester I ini," kata dia.

Yusak mengatakan Tol Probowangi diyakini banyak peminatnya. Namun Mandiri hingga kini baru menyatakan minat untuk masuk pada dana talangan, dan belum bermintat untuk masuk ke proyek konstruksinya.

Ke depannya, bank pelat merah ini menyatakan komitmennya untuk terus mendorong dan ikut andil dalam pendanaan infrastruktur tanah air. Dia bilang masih banyak pipeline proyek yang masih dalam progres.

"Komitmen Mandiri untuk ikut mendukung masih berlanjut," jelas dia.



(SAW)