Pecah Saham BRI untuk Jangkau Investor Ritel Domestik

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 10 Nov 2017 15:43 WIB
bri
Pecah Saham BRI untuk Jangkau Investor Ritel Domestik
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA)

Jakarta: PT B‎ank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) telah memecah saham (stock split) menjadi Rp3.340 per saham. Harga saham BRI saat pertama kali melantai Rp875 per saham.

Pecah saham 1:5 ini posisi sebelumnya berada di Rp16.450 per saham. Di mana setiap pemegang saham yang memiliki satu saham akan dipecah menjadi lima saham. Sebelumnya, perseroan juga pernah melakukan pecah saham di 2011 dengan rasio 1:2.

Direktur Utama BRI Suprajarto berharap investor ritel dapat lebih menjangkau saham perusahaan.‎ Dia mengungkapkan, pemegang saham BRI telah menyetujui aksi korporasi perseroan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) BRI beberapa waktu lalu.

"Pecah saham ini sebagai upaya perseroan untuk memberikan sinyal positif atas optimisme manajemen dan kinerja BRI di masa depan," jelas Suprajarto saat ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Jumat 11 November 2017.

Dia menambahkan, dengan harga saham baru tersebut, diharapkan bisa lebih menjangkau investor domestik, khususnya investor ritel. Selain itu, pecah saham ini diharapkan bisa meningkatkan likuiditas perdagangan saham.

Di sisi lain, Suprajarto mengklaim kapitalisasi saham perseroan adalah yang paling terbesar bila dibanding bank pelat merah lainnya yakni mencapai Rp405 triliun.


(AHL)