Rupiah Menguat 17 Poin

Arif Wicaksono    •    Selasa, 13 Jun 2017 16:28 WIB
kurs rupiah
Rupiah Menguat 17 Poin
Rupiah. Dok:Istimewa.

Metrotvnews.com, Jakarta: Mata uang rupiah mengalami penguatan pada perdagangan hari ini. Penguatan mata uang rupiah terbantu dengan kenaikan harga komoditas.

Bloomberg, Selasa 13 Juni 2017, mencatat mata uang rupiah mengalami penguatan sebesar 17 poin atau 0,13 persen dengan berada pada Rp13.291 per USD.

Yahoo Finance melansir mata uang rupiah menguat sebanyak tujuh poin atau 0,05 persen dengan berada pada Rp13.290 per USD.

Bank Indonesia (BI) merekam mata uang rupiah melemah dua poin dengan berada pada Rp13.294 per USD.

Analis Samuel Sekuritas Rangga Cipta mengatakan, kekhawatiran mulai meninggi jelang dimulainya FOMC meeting Selasa malam. Namun tensi ini ditahan dengan penguatan harga komoditas.

"Konsistensi penguatan harga komoditas yang sebelumnya anjlok maka bisa menjaga pelemahan rupiah tidak terlalu signifikan," ungkap Rangga, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Selasa 13 Juni 2017.

Sementara itu, penguatan USD mulai tertahan walaupun ekspektasi kenaikan Fed Fund Rate (FFR) target masih tinggi. Penguatan yen yang signifikan cenderung menjadi penyebabnya.

Adapun FOMC meeting yang akan dimulai Selasa malam dan disimpulkan Kamis dini hari masih diharapkan untuk menaikkan FFR target sebesar 25 bps. Tentu hal itu melalui pembahasan yang mendalam dan melihat efek terhadap pergerakan ekonomi.


(SAW)