Bank Muamalat Bidik Right Issue di Kuartal I-2018

Kautsar Widya Prabowo    •    Kamis, 01 Mar 2018 00:46 WIB
bank muamalat
Bank Muamalat Bidik <i>Right Issue</i> di Kuartal I-2018
Direktur Utama Bank Muamalat Achmad Kusna Permana. (FOTO: Medcom.id/Kautsar Widya)

Jakarta: PT Bank Muamalat Tbk menargetkan menerbitkan right issue pada kuartal I-2018. Right issue tersebut bertujuan untuk pencadangan dan pengembangan bisnis dan diharapkan bisa menarik dana sebesar Rp4,5 triliun.

"Kita mulai dengan Rp4,5 triliun. Cari investor dengan target itu. Target awal di kuartal I, tapi tergantung perkembangannya. Kita akan selesaikan secepatnya," ujar Direktur Utama Bank Muamalat Achmad Kusna Permana, di Muamalat Tower lantai 20, Jakarta, Rabu, 28 Februari 2018.

Achmad menjelaskan saat ini sudah ada investor asing yang berasal dari Malaysia dan Timur Tengah yang akan menyerap right issue tersebut.

"Alhamdulillah banyak (calon investor). Tapi, kita perlu waktu untuk itu karena baru dua minggu lalu Minna Padi menyatakan batal untuk itu (investasi)," ujar Achmad.

Selain itu, Bank Muamalat juga berencana mengeluarkan sukuk (surat berharga jangka panjang) minimal Rp1 triliun pada semester I-2018.

PT Minna Padi Investama Sekuritas Tbk sebelumnya berencana membeli 51 persen saham senilai Rp4,5 triliun pada right issue Bank Muamalat, namun batal lantaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) belum memberi izin.

Hal tersebut juga menggagalkan status Minna Padi sebagai ketua konsorsium. Sebelumnya Minna Padi telah menyetor dana escrow Rp1,7 triliun untuk merealisasiskan perjanjian jual beli bersyarat pada 31 Desember 2017 lalu.


(AHL)