Bank Mandiri Optimistis Target DPK Tercapai di 2018

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 08 Aug 2018 19:02 WIB
bank mandiri
Bank Mandiri Optimistis Target DPK Tercapai di 2018
Direktur Treasury dan International Banking Bank Mandiri Darmawan Junaidi. Medcom/Ayu.

Jakarta: PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) optimistis target pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) hingga akhir tahun sekitar delapan sampai dengan 10 persen akan tercapai di 2018.

Hal itu dikatakan Direktur Treasury dan International Banking Bank Mandiri Darmawan Junaidi. Ia menyebutkan target DPK tahun ini sesuai dengan target yang dicanangkan perusahaan.

"Masih tetap sesuai dengan anggaran kita. Kita akan tumbuh sekitar 8-10 persen," kata Darmawan saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta, Rabu, 8 Agustus 2018.

Meski demikian, Darmawan menjelaskan perusahaan tidak mengambil opsi bilateral loan untuk menambah atau memperbesar pertumbuhan DPK yang tercapai saat ini. Biasanya opsi bilateral loan dilakukan dengan mempertimbangkan likuiditas pasar. Bank Mandiri sendiri melihat untuk opsi bilateral loan ini tidak tepat jika dilakukan tahun ini.

"Kita sebagai bank terbesar di Indonesia tentunya melihat ada juga faktor bahwa mungkin tidak match untuk kebutuhan saat ini, mungkin di tahun depan. Jadi kalaupun ada, ya itu terjadinya bukan sesuai kebutuhan saat ini. Kita melihatnya lebih jangka panjang," jelas dia.

Seperti diketahui, pada semester I-2018 tercatat pertumbuhan DPK lebih lambat dari pada pertumbuhan kredit atau hanya naik 5,5 persen atau year on year (yoy) menjadi Rp 803 triliun.


(SAW)