Lanjutkan Tren Penguatan, Rupiah Naik 1 Poin

Arif Wicaksono    •    Rabu, 08 Nov 2017 16:36 WIB
kurs rupiah
Lanjutkan Tren Penguatan, Rupiah Naik 1 Poin
Illustrasi. MI/Susanto.

Metrotvnews.com, Jakarta: Mata uang rupiah mengalami kenaikan pada penutupan perdagangan hari ini. Kenaikan ini melanjutkan pergerakan positif mata uang rupiah dari kemarin. 

Bloomberg, Rabu 8 November 2017, melansir mata uang rupiah naik satu poin atau 0,01 persen dengan berada pada Rp13.514 per USD.

Sementara Yahoo Finance mencatat mata uang rupiah melemah tiga poin atau 0,02 persen dengan berada pada Rp13.513 per USD.  Sedangkan Bank Indonesia (BI) merekam mata uang rupiah melemah 20 poin dengan berada pada Rp13.524 per USD. 

‎Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada menilai ‎masih adanya pergerakan positif terhadap rupiah dapat kembali berlanjut yang tentunya dengan memanfaatkan pelemahan USD. Sejumlah sentimen positif diharapkan bisa terus berdatangan di sepanjang hari ini.

Namun demikian, diakui Reza, investor perlu tetap mewaspadai mulai terapresiasinya USD dan berbagai sentimen yang dapat kembali menahan potensi penguatan rupiah. 

Gerak rupiah, lanjut Reza, ‎kembali berbalik menguat pada perdagangan Selasa 7 November 2017, dengan memanfaatkan pelemahan USD pada sejumlah mata uang lainnya.

"Rupiah kami proyeksikan akan bergerak di kisaran support Rp13.530 per USD, sedangkan posisi resisten akan berada di Rp13.488 per USD," kata Reza, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Rabu 8 November 2017.



(SAW)