IHSG Diprediksi Kembali Temukan Tren Kenaikan Jangka Panjang

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 06 Dec 2017 09:02 WIB
ihsg
IHSG Diprediksi Kembali Temukan Tren Kenaikan Jangka Panjang
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jakarta: Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diprediksi bisa kembali menemukan tren kenaikan jangka panjang setelah kemarin mengalami penguatan ke posisi 6.000. Tentu hal itu diharapkan bisa didukung oleh derasnya sentimen positif yang berdatangan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

"Mulai adanya aksi beli menjelang penutupan diharapkan menjadi momentum pembalikan arah menguat, sehingga pergerakan IHSG dapat menemukan kembali tren kenaikan," ucap Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Rabu, 6 Desember 2017.

Sementara itu, Kepala An‎alis Indosurya Sekuritas William Suryawijaya‎ menyatakan indeks bakal mengalami tren kenaikan jangka panjang. Meski demikian kondisi itu akan diwarnai koreksi yang wajar. ‎"Pada saat koreksi wajar dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk melakukan akumulasi pembelian dengan tujuan investasi jangka panjang," ucap William.

Gerak indeks, lanjut William, ‎masih terus berusaha membentuk fondasi pada level support, sebelum melanjutkan proses kenaikan jangka panjang. S‎aat ini IHSG memiliki support terdekat yang akan berupaya dipertahankan pada level 5.942.

"Sedangkan target resisten terdekat yang berusaha ditembus ada di posisi 6.099," kata William.

‎Mengamati keadaan tersebut, William merekomendasikan kepada pelaku pasar untuk mencermati beberapa pergerakan saham seperti PT XL Axiata Tbk (EXCL), PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), dan PT Summarecon Agung Tbk (SMRA).

Kemudian, cermati pula saham PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP), PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM), dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR).


(ABD)