Investor Asing Bukukan Jual Bersih Rp2,39 Triliun

Angga Bratadharma    •    Sabtu, 06 Oct 2018 11:01 WIB
ihsgbeipasar modal
Investor Asing Bukukan Jual Bersih Rp2,39 Triliun
Ilustrasi (Foto: Medcom.id/Desi Angriani)

Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat investor asing membukukan jual bersih sebesar Rp2,39 triliun di sepanjang pekan ini dan sepanjang 2018 investor asing telah mencatatkan jual bersih mencapai Rp53,56 triliun. BEI berharap kondisi pasar modal di Indonesia bisa terus membaik di masa-masa mendatang.

Mengutip keterangan resmi BEI, Sabtu, 6 Oktober 2018, rata-rata nilai transaksi harian BEI selama sepekan terakhir berubah sebanyak 3,13 persen menjadi Rp6,96 triliun dari Rp7,18 triliun sepekan sebelumnya. Sedangkan rata-rata frekuensi transaksi harian BEI naik sebanyak 12,95 persen menjadi 383,14 ribu kali transaksi dari 339,21 ribu kali transaksi.

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan pekan ini ditutup dengan perubahan sebesar 4,09 persen ke level 5.731,93 poin dari 5.976,55 poin pada pekan sebelumnya. Sedangkan, nilai kapitalisasi pasar pada pekan ini berubah 4,08 persen ke posisi Rp6.462,42 triliun dari Rp6.737,43 triliun pada pekan sebelumnya.

Pada awal pekan Oktober, BEI berhasil menambah tiga perusahaan tercatat yaitu pertama PT Satria Antaran Prima Tbk dengan kode saham SAPX dan menjadi perusahaan tercatat ke-38 tahun ini. SAPX tercatat pada papan pengembangan BEI dan masuk ke dalam sektor Infrastructure, Utilities & Transportation.



Kedua, PT Super Energy Tbk dengan kode saham SURE yang merupakan perusahaan tercatat ke-39. Ketiga, PT Cottonindo Ariesta Tbk dengan kode saham KPAS yang merupakan perusahaan tercatat ke-40 di 2018. SURE berada pada sektor Mining, sedangkan KPAS berada pada sektor Consumer Goods Industry.

Lebih lanjut, dalam rangka meningkatkan literasi pasar modal di kalangan akademisi dan masyarakat sekitar, BEI kembali meresmikan Galeri Investasi BEI yang berlokasi di Universitas Galuh Ciamis yang merupakan kerja sama antara BEI dengan Universitas Galuh Ciamis dan PT Reliance Sekuritas Indonesia.

Dengan peresmian tersebut, sampai dengan saat ini galeri investasi di Indonesia berjumlah 403 Galeri Investasi BEI. GI BEI Universitas Galuh Ciamis merupakan Galeri ke-83 yang diresmikan di tahun ini dan merupakan Galeri Investasi ke-29 di Jawa Barat.

 


(ABD)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

3 days Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA