Rupiah Bergerak Menguat ke Rp13.373/USD di Perdagangan Pagi

Angga Bratadharma    •    Rabu, 12 Jul 2017 08:36 WIB
kurs rupiah
Rupiah Bergerak Menguat ke Rp13.373/USD di Perdagangan Pagi
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gerak nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan Rabu pagi terpantau menguat tipis dibandingkan dengan perdagangan sore di hari sebelumnya di Rp13.398 per USD. Sementara itu, nilai tukar rupiah memiliki ruang untuk mengalami penguatan di sepanjang hari ini.

Mengutip Bloomberg, Rabu 12 Juli 2017, perdagangan pagi dibuka di posisi Rp13.373 per USD. Day range nilai tukar rupiah berada di kisaran Rp13.355 per USD hingga Rp13.375 per USD dengan year to date return di minus 0,62 persen. Sedangkan menurut Yahoo Finance, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.151 per USD.

Analis Samuel Sekuritas Rangga Cipta mengatakan, kekhawatiran terhadap dampak buruk pelebaran defisit masih ada sehingga diperkirakan penguatan rupiah tidak dalam. Consumer confidence index yang turun akan menambah sentimen negatif yang ada.


Ilustrasi (ANTARA FOTO/Adwit B Pramono)

"Rupiah berpeluang mengalami penguatan dengan koreksi dolar index semalam," kata Rangga, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta.

Sementara itu, politik di Amerika Serikat (AS) memanas dan dolar Amerika Serikat (USD) tertekan. Setelah sempat menguat merespons baiknya data tenaga kerja AS, dolar index bersama dengan imbal hasil UST tertekan menyusul munculnya spekulasi keterlibatan Donald Trump Jr dalam kampanye hitam yang menyudutkan Clinton pada Pilpres yang lalu.  

"Data jumlah lowongan pekerjaan AS yang buruk juga turut menekan dolar index," tutup Rangga.

 


(ABD)

Pemerintah Masih Godok Pembentukan <i>Holding</i> BUMN Jasa Keuangan

Pemerintah Masih Godok Pembentukan Holding BUMN Jasa Keuangan

3 hours Ago

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih menggodok pembentukan holding BUMN di sektor …

BERITA LAINNYA