IPO, Surya Pertiwi Ingin Lempar 25% Saham

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 14 Mar 2018 19:25 WIB
ipo
IPO, Surya Pertiwi Ingin Lempar 25% Saham
IHSG. ANT/Akbar.

Jakarta: PT Surya Pertiwi berencana melempar saham (IPO) sebesar 25 persen di pasar modal Indonesia. Tujuan IPO untuk memperbaiki struktur modal melalui pelunasan utang serta ekspansi usaha.

"Tentu buat bayar utang dan perluasan usaha. Sebesar 50 persen untuk bayar utang, 25 persen buat capital expenditure perluasan pabrik, 25 persen untuk working capital," ucap Komisaris Utama Surya Pertiwi Mardjoeki Atmadiredja ditemui usai mini expose di Bursa Efek Indonesia (BEI), Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Rabu, 14 Maret 2018.

Sementara itu, Direktur Utama Ciptadana Sekuritas Ferry Budiman Tanja menyatakan, sejauh ini Ciptadana telah diamanatkan menjadi pelaku penjamin emisi efek (underwriter) tunggal atas rencana IPO Surya Pertiwi.

Berdasarkan rencana yang ada, Ferry mengatakan IPO Surya Pertiwi akan terlaksana di Mei. Perseroan pun berencana melakukan roadshow di sejumlah negara, sehingga Ciptadana Sekuritas bakal menggandeng sekuritas asing untuk join bookrunner.

"Perseroan melepas saham baru sebanyak-banyaknya 25 persen dari modal ditempatkan dan disetor setelah penawaran umum," terang Ferry.

Meski begitu, Ferry tidak mau menyebutkan besaran target dana yang diincar dari aksi korporasi. "Ini untuk menambah kapasitas pabrik yang di Surabaya. Sekarang satu pabrik itu kapasitasnya 500 ribu pieces per tahun produk sanitari," sebut Ferry.


(SAW)