Indeks Diprediksi Berupaya Tembus Level 5.718-5.800

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 16 May 2017 09:16 WIB
ihsg
Indeks Diprediksi Berupaya Tembus Level 5.718-5.800
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diprediksi kembali berada di posisi 5.700. Kondisi itu terjadi usai kemarin mengalami technical rebound ke level 5.688.

"Aksi pembelian saham kapitalisasi besar dan kedua telah batalkan proses penurunan indeks ke posisi support psikologis 5.600. Momentum kembali akan ke atas level 5.700, dan dapat mendorong kenaikan di 5.746 sampai 5.800," ‎kata Analis Senior PT KGI Sekuritas Indonesia Yuganur Wijanarko, dalam riset hariannya, di Jakarta, Selasa 16 Mei 2017.

Sementara itu, Kepala Analis PT Indosurya Mandiri Sekuritas William Suryawijaya‎ menambahkan, indeks hari ini berpeluang untuk mencetak rekor tertinggi, s‎eiring adanya sentimen positif terkait surplus Neraca Pembayaran Indonesia (NPI).

"Peluang IHSG untuk kembali mencetak rekor baru masih terbuka lebar. Hari ini IHSG berpotensi menguat," ucap William.

Meski demikian, kata Willian, ‎gejolak harga batubara seiring pergantian musim, tentunya akan mempengaruhi sisi permintaan yang akhirnya memengarui pola pergerakan IHSG. "Saat ini ‎IHSG memiliki support terdekat di level 5.623, sedangkan target resisten terdekat yang berupaya ditembus pada hari ini berada pada level 5.718," sebut William.

M‎engamati keadaan tersebut, William merekomendasikan kepada pelaku pasar untuk mencermati beberapa pergerakan saham seperti PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), dan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI).

Selain itu, perlu pula mencermati pergerakan saham seperti PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR), dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI).

 


(ABD)