14 Perusahaan Minat Beli Jalan Tol Milik Waskita Karya

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 10 Aug 2017 07:32 WIB
waskita karya
14 Perusahaan Minat Beli Jalan Tol Milik Waskita Karya
Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT  Waskita Karya Tbk (WSKT) bakal menjual sebanyak sembilan ruas jalan tol yang ada di Trans Jawa. Setidaknya, ada 14 perusahaan yang mempunyai minat besar untuk mengambil alih beberapa ruas tol tersebut.

Penjualan yang dilakukan tersebut demi menutupi kebutuhan dana perseroan untuk menjalankan proyek-proyek jalan tol hingga 2019 mendatang. ‎‎Tentu diharapkan sejumlah target yang hendak dicapai bisa terlaksana sesuai harapan.

Direktur Utama Waskita Karya M Choliq membenarkan bahwa saat ini ada beberapa perusahaan yang tertarik untuk membeli sejumlah ruas jalan tol. Selain, PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR), ada juga dari PT Astra Internasional Tbk (ASII) melalui anak usahanya PT Astratel Nusantara.

"Astra memang termasuk peminatnya, selain Jasa Marga dan lain-lain. Ada 14 perusahaan yang berminat," kata Choliq, ketika ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, ‎Jakarta, Rabu 8 Agustus 2017.

Sebanyak 14 perusahaan yang akan membeli, lanjut dia, akan melalui proses tender. Adapun financial close bakal terjadi di akhir September 2017. Diharapkan segala sesuatunya bisa berjalan dengan baik dan nantinya mendukung beberapa pencapaian bisnis.

Seperti diberitakan sebelumnya, perusahaan pelat merah dengan kode ticker WSKT ini akan membangun jalan tol sepanjang 1.260 kilometer (km) hingga 2019. "Itu semua harus diselesaikan sebelum 2019. Kita butuh dana Rp110 triliun. Jadi pekerjaan besarnya bagaimana memenuhi itu," tegas Choliq.

Tak hanya menjual ruas tol, guna meraih dana segar maka Waskita Karya juga bakal menerbitkan surat utang (obligasi) berkelanjutan dengan nilai sebesar Rp10 triliun.‎


(ABD)