Nilai Tukar Rupiah Masih Melemah

Ade Hapsari Lestarini    •    Kamis, 13 Oct 2016 09:04 WIB
kurs rupiah
Nilai Tukar Rupiah Masih Melemah
Ilustrasi. (FOTO: MI/RAMDANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gerak mata uang Garuda pada pembukaan perdagangan pagi ini masih berada di zona pelemahan. Rupiah terpantau melemah tipis karena minimnya sentimen positif.

Mengutip data Bloomberg, Kamis, 13 Oktober, gerak rupiah dibuka melemah tipis ke posisi Rp13.032 per USD jika dibandingkan dengan perdagangan sebelumnya yang berada di Rp13.018 per USD.

Namun demikian, tak beberapa lama kemudian pelemahan rupiah mulai sedikit mereda ke posisi Rp13.028 per USD atau menguat hingga mencapai 10 poin atau setara 0,08 persen.

Sementara itu, gerak rupiah berdasarkan data Yahoo Finance berada di posisi Rp13.016 per USD. Pergerakan rupiah terus menguat tipis hingga mencapai empat poin atau setara 0,0307 persen ke Rp13.013 per USD.

Sebelumnya, analis Samuel Sekuritas Rangga Cipta mengatakan pergerakan nilai tukar rupiah masih akan terjaga pelemahannya karena terseret faktor eksternal. Rupiah pun masih akan tertekan isu global.

"Dolar index yang menguat serta minyak yang melemah hingga dini hari tadi berpeluang menjaga tekanan pelemahan ke rupiah walaupun beberapa kabar positif dari domestik bisa memberikan peluang apresiasi," jelas Rangga, dalam hasil risetnya.

Rangga menjelaskan, kondisi rupiah masih tertekan isu global walaupun ditopang beberapa berita positif seperti membaiknya realisasi pajak serta harapan tinggi didapatkannya investment grade.


(AHL)