IPO Tingkatkan Kinerja Perusahaan

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 18 Oct 2016 15:42 WIB
ipo
IPO Tingkatkan Kinerja Perusahaan
lustrasi -- ANTARA FOTO,Puspa Perwitasari.

Metrotvnews.com, Medan: Direktur Pengembangan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Nicky Hogan mengklaim perusahaan yang telah berubah menjadi perusahaan terbuka (emiten) lewat IPO, akan mengalami peningkatan kinerja. Akbatnya kinerja keuangan emiten bakal terkerek lebih tinggi.

"Selain merupakan sumber dana baru untuk perusahaan, go public (IPO) bisa meningkatkan kinerja usaha, dan mendorong tingkat kepercayaan masyarakat," ucap Nicky, d‎itemui di Hotel Grand Aston, Medan, Selasa (18/10/2016).

Nicky mencontohkan, ada perusahaan di Medan yang sudah IPO‎, dan mendorong kinerja keuangannya. Salah satu perusahaan itu adalah PT Ateliers Mecaniques D'Indonesie Tbk (AMIN) atau Atmindo yang telah melantai di awal Desember 2015. 

Baca : BEI Berharap IPO Online Perbanyak Jumlah Perusahaan Melantai

"Kuartal II-2015, pendapatan bersih mereka Rp60,1 miliar. Setelah IPO, pendapatan di kuartal I-2016 meningkat jadi Rp90,78 miliar. Laba komprehensif dari Rp9,84 miliar di kuartal II-2015 menjadi Rp16,48 miliar," jelas Nicky.

Setelah IPO, lanjut Nicky, nama dan produk perusahaan juga lebih dikenal, sebab perusahaan mendapatkan banyak perhatian dari kalangan analis dan media.

"Itu jadi promosi gratis, bisa meningkatkan image (gambaran) perusahaan. Semakin dikenal, peluang bisa dan kerja sama juga semakin terbuka," jelas Nicky.

Nicky mengharapkan kepada semua pengusaha di daerah harus masuk ke  pasar modal, agar semakin dapat mengembangkan usahanya menjadi lebih besar dan bisa bersaing dengan banyak perusahan, baik di dalam maupun luar negeri.‎ 

"Saya tidak menemukan dampak negatif dari go public," papar Nicky.




(SAW)