BEI Tidak Bisa Valuasi Saham Freeport Indonesia

Desi Angriani    •    Selasa, 10 Oct 2017 12:31 WIB
freeportbei
BEI Tidak Bisa Valuasi Saham Freeport Indonesia
Ilustrasi BEI (ANTARA FOTO/Fanny Kusumawardhani)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bursa Efek Indonesia (BEI) tidak bisa melakukan perhitungan harga divestasi 51 persen saham PT Freeport Indonesia. Penilaian saham tersebut hanya bisa dilakukan oleh investor bukan penilai independen yang mengikuti harga pasar.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat mengatakan, pasar modal hanya bisa memberikan indikasi valuasi terhadap perusahaan sejenis. Sementara perusahaan tambang asal Amerika Serikat ini memiliki komposisi yang berbeda dengan perusahaan tambang lainnya.

"Ya enggak bisa. Ini tergantung bagaimana investor menilai. Kita paling bisa memberikan indikasi valuasi berdasarkan, misalnya, valuasi terhadap perusahaan sejenis. Komposisi produksi Freeport ini untuk perusahaan tambang berbeda-beda. Misalnya komposisi kandungannya," kata Samsul, di Gedung BEI, Jakarta, Selasa 10 Oktober 2017.



Menurutnya keputusan final valuasi saham Freeport Indonesia berada di tangan investor setelah bursa memberikan indikasi harga. Saat ini nilai estimasi harga saham 51 persen dari hitungan PTFI adalah USD8,1 miliar atau Rp110 triliun.

"Keputusan akhirnya nanti investor yang memutuskan berapa valuasi yang paling pas berapa saham Freeport Indonesia. Tidak bisa bursa yang menentukan," tutur dia.

Selain itu, harga saham Freeport juga harus dihitung oleh penilai publik dengan menggunakan metode cashflow, aset atau ratio pertumbuhan ekonomi. "Kemudian laporan dari penilai publiknya, harganya segini, atau metodenya begini. Biasanya perusahaan tambang seperti ini ada nilai aset yang bisa dikalkulasi," tukas dia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, harga saham yang dilepas Freeport Indonesia nantinya mengacu ke harga pasar atau fair market value. Perhitungan harga saham akan diserahkan kepada penilai independen yang mengikuti harga pasar seperti Bursa Efek Indonesia.

Penilaian saham tersebut nantinya berdasarkan nilai produksi tambang Freeport Indonesia. "Kita suruh market stock exchange untuk mem-value," ucap Luhut di Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman, Jalan MH Thamrin, Jakarta.

 


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA