BEI Klaim Kenaikan The Fed tak Berdampak ke IHSG

Desi Angriani    •    Kamis, 15 Jun 2017 20:09 WIB
ihsg
BEI Klaim Kenaikan The Fed tak Berdampak ke IHSG
Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia Tbk (BEI) Tito Sulistio. MTVN/Desi Anggriani.

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menilai bahwa keputusan bank sentral Amerika Serikat (The Fed) menaikkan suku bunga acuannya tidak berdampak negatif bagi pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG).

Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengatakan, keputusan The Fed menaikkan suku bunga acuan AS (Fed Fund Rate) sebesar 25 basis poin atau 0,25 persen menjadi 1-1,25 persen sesuai dengan proyeksi pelaku pasar sehingga fluktuasi IHSG masih berada dalam area positif.

baca : Indonesia Dinilai Mampu Mengatasi Risiko Penaikan The Fed

"Meski memperlihatkan The FED naik, tetap saja kita di level 5.700," kata Tito seusai buka bersama di auditorium BEI, Jakarta, Kamis 14 Juni 2017.

Menurutnya, fluktuasi IHSG yang stagnan itu juga tidak terlepas dari kepercayaan diri pemerintah dalam mempertahankan pertumbuhan ekonomi dan menjaga inflasi. Terbukti dari gejolak harga pangan yang dapat diatasi pemerintah.

"Ini karena kepercayaan diri dari pemerintah dan Bank Indonesia (BI) sebagai tanda ekonomi membaik, masa depan membaik, tanda-tanda menuju Lebaran ada gejolak. Oke pertanyaan distribusi pangan yang baik juga terjawab," tuturnya.

Terpantau IHSG pada Kamis sore 14 Juni 2017 tak beranjak dari zona merah dengan menurun 0,29 persen atau 16,614 poin ke posisi 5.776,283.


 


(SAW)