IHSG Perdagangan Pagi Berbaris di Jalur Hijau

Angga Bratadharma    •    Senin, 17 Jul 2017 09:18 WIB
ihsg
IHSG Perdagangan Pagi Berbaris di Jalur Hijau
Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil melakukan reli pada perdagangan pagi di awal pekan ini sehingga mampu berbaris di jalur hijau. Diperkirakan gerak IHSG mampu terus berada di jalur penguatan seiring dengan hadirnya sejumlah sentimen positif dari Tanah Air.

IHSG Senin 17 Juli 2017, perdagangan pagi dibuka menguat sebanyak 1,95 poin atau setara 0,034 persen ke posisi 5.833. Level tertinggi IHSG tercatat berada di posisi 5.834 dan level terendah IHSG tercatat berada di posisi 5.829.

Volume perdagangan pagi tercatat sebanyak 201 juta lembar saham senilai Rp113 miliar dengan jumlah frekuensi 5.585. Sebanyak 88 saham mengalami penguatan, sebanyak 30 saham mengalami pelemahan, dan sebanyak 104 saham tidak mengalami perubahan atau stagnan.

Sementara itu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup relatif datar pada jumat lalu dengan foreign net sell tercatat Rp777 miliar di pasar reguler. Hari ini, IHSG berpotensi menguat menyusul penguatan bursa AS dan EIDO pada Jumat lalu serta penguatan sejumlah bursa saham pagi ini.

Data neraca perdagangan Indonesia hari ini menjadi perhatian investor, di mana Bank Indonesia (BI) memperkirakan surplus kembali mengalami kenaikan menjadi USD1,4 miliar. Selain itu, European Central Bank (ECB) meeting terkait stimulus pada kamis mendatang juga menjadi perhatian investor.

Di sisi lain, inflasi AS kembali turun dan pergerakan USD semakin tertekan. Setelah inflasi produsen diumumkan melambat, giliaran inflasi konsumen AS yang turun. Itu cukup untuk membuat dolar index kembali turun dalam bersamaan dengan imbal hasil UST.

 


(ABD)