Minim Sentimen Buat IHSG Lanjutkan Pelemahan

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 12 Dec 2018 06:11 WIB
ihsgbursa efek
Minim Sentimen Buat IHSG Lanjutkan Pelemahan
Papan elektronik menunjukkan pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia. Foto: MI/Ramdani.

Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini diprediksi akan melanjutkan pelemahan. Minimnya sentimen membuat IHSG rentan terkoreksi.

Research Analis Artha Sekuritas Indonesia, Dennies Christoper mengatakan, pada perdagangan 11 Desember 2018 pelemahan IHSG ke level 6.075 didorong oleh pelemahan nilai tukar rupiah yang menyentuh Rp14.610 per USD. Pelemahan tersebut akan berlanjut karena tidak ada sentimen positif yang mendorong penguatan IHSG hari ini.

"IHSG diprediksi melemah, rentan terjadi koreksi dalam jangka pendek. Selain itu masih minim sentimen yang mampu mendorong penguatan IHSG," kata Dennies dalam riset hariannya Rabu, 12 Desember 2018.

Dennies memperkirakan reli IHSG hari ini akan berada di rentang support 6.046 sampai 6.061 dan resistance 6.098 sampai 6.120.

Senada dengan Dennies, Analyst CSA Research Institute Reza Priyambada juga mengatakan laju IHSG hari ini cenderung mengalami pelemahan. Selain karena minimnya sentimen, meningkatnya volume jual juga memicu pelemahan semakin dalam.

Reza memprediksi gerak IHSG sehari ini akan berada di level support 6.057-6.065 dan resistance 6.098-6.115.

"Diharapkan aksi jual dapat lebih berkurang dan masih adanya sejumlah berita positif dari para emiten hingga perbaikan laju rupiah sehingga dapat membuat IHSG mengurangi penurunannya," jelas Reza.

Adapun saham-saham yang direkomendasikan kepada investor untuk hari ini adalah saham PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), dan PT Waskita Karya Tbk (WSKT).

Lalu, saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Surya Citra Media Tbk (SCMA), PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA), dan PT Barito Pasific Tbk (BRPT).


(HUS)