Penguatan IHSG akan Ditopang Penjualan Roda Dua

Annisa ayu artanti    •    Senin, 13 Aug 2018 08:06 WIB
ihsg
Penguatan IHSG akan Ditopang Penjualan Roda Dua
Ilustrasi. (FOTO: MI/Ramdani)

Jakarta: Mengawali pekan pada pertengahan Agustus 2018, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi masih akan menguat. Penguatan didukung oleh penjualan kendaraan roda dua yang memberi sentimen positif.

Vice President Research Department PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan IHSG masih akan terkonsolidasi wajar dengan potensi menguji support dapat dipertahankan dengan baik.

Hal ini tentunya akan ditopang oleh sisi fundamental perekonomian yang cukup baik dan kondisi perekonomian yang terkendali serta capital inflow yang diharapkan masih dapat terus mengalir ke pasar modal.

Oleh karena itu IHSG diprediksi akan berada dikisaran 5.841 sampai 6.157.

"Jelang rilis data perekonomian untuk penjualan roda dua juga akan turut memberikan sentimen terhadap pola gerak IHSG, hari ini IHSG berpotensi menguat," kata William dalam riset hariannya, Senin, 13 Agustus 2018.

Senada dengan William, Analis Binaartha Technical Research Nafan Aji juga memprediksi IHSG berpeluang menguat pada awal pekan ini.

Ia menjelaskan, IHSG berhasil ditutup menguat 0,2 persen di level 6.077,172 pada 10 August 2018. Berdasarkan daily pivot dari Bloomberg, support pertama maupun kedua memiliki range pada level 6.055,542 hingga 6.033,912. Sementara itu, resisten pertama maupun kedua memiliki range pada level 6.103,249 hingga 6.129,326.

Berdasarkan indikator, MACD juga berada di area positif. Sementara itu, meskipun stochastic sudah menunjukkan overbought, namun RSI masih bergerak ke atas di area overbought. Di sisi lain, terlihat pola upward bar yang mengindikasikan adanya potensi bullish continuation pada pergerakan indeks saham.

"Sehingga indeks berpeluang menuju ke area resisten," sebut Nafan.

Adapun menu saham yang direkomendasikan untuk dicermati hari ini adalah PT Summarecon Agung Tbk (SMRA), PT Pakuwon Jati Tbk (PWON), PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Indofood ICB Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (BJTM), PT Nippon Indosari Corporindo Tbk (ROTI), PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL), dan PT Astra Otoparts Tbk (ASII).

Kemudian cermati pula pergerakan saham PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Ciputra Development Tbk (CTRA), PT Indika Energy Tbk (INDY), dan PT Jasa Marga Tbk (JSMR).


(AHL)