Pelemahan Dolar AS Diramal Kuatkan Rupiah

Annisa ayu artanti    •    Senin, 10 Dec 2018 08:49 WIB
kurs rupiah
Pelemahan Dolar AS Diramal Kuatkan Rupiah
Kurs dolar AS diperdagangkan melemah terhadap sebagian besar mata uang utama (Foto: AFP).

Jakarta: Nilai tukar rupiah hari ini diprediksi akan menguat seiring pelemahan dolar Amerika Serikat (USD). Hal ini terjadi lantaran melambatnya data pertumbuhan penyerapan pekerjaan.

Senior Analyst CSA Research Reza Priyambada memprediksi, pergerakan rupiah akan berada pada rentang Rp14.452 sampai Rp14.475 per USD. 

"Berbalik menguatnya laju rupiah juga turut didukung oleh kembali melemahnya laju USD seiring perkiraan melambatnya pertumbuhan data penyerapan pekerjaan (nonfarm payrolls) di AS," jelas Reza dalam riset hariannya, Senin 10 Desember 2018.

Reza menuturkan, jika rupiah dapat memanfaatkan momentum pelemahan kali ini maka rupiah bakal melanjutkan ke level penguatan dan bergerak positif.

"Diharapkan adanya pelemahan ini masih dapat berlanjut dan rupiah mampu memanfaatkan pelemahan USD untuk kembali bergerak positif," ujar dia.

Pada perdagangan pekan lalu, laju rupiah ditutup di zona hijau. Kenaikan kembali terjadi di tengah pesimisme rupiah akan melanjutkan pelemahannya. 

Beberapa sentimen yang mendorong rupiah menguat saat itu adalah pernyataan yang disampaikan oleh Menteri Keuangan bahwa defisit anggaran hingga November 2018 mencapai Rp287,9 triliun atau lebih rendah dari rencana APBN sebesar 2,19 persen.

Kemudian, realisasi belanja negara hingga November 2018 juga tercatat mencapai Rp1.942,4 triliun atau 87,5 persen dari target APBN 2018 dengan pertumbuhan sebesar 11 persen. Serta, meningkatnya penerimaan negara di atas target APBN sebesar Rp1.894 triliun menjadi Rp1.936 triliun. 

Penguatan rupiah juga mendapat dorongan positif dari meningkatnya cadangan devisa sebesar USD2 miliar menjadi USD117,2 miliar pada akhir November 2018.



(Des)


Menperin Sampaikan Kesiapan Revolusi Industri 4.0 di Swiss
World Economic Forum 2019

Menperin Sampaikan Kesiapan Revolusi Industri 4.0 di Swiss

7 hours Ago

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga menegaskan Indonesia siap menyongsong era revolusi i…

BERITA LAINNYA