Analis: Koreksi IHSG Masih Wajar

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 07 Feb 2019 20:18 WIB
ihsg
Analis: Koreksi IHSG Masih Wajar
Illustrasi. MI/Adam Dwi.

Jakarta: Terkoreksinya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan hari ini masih dinilai wajar. Analis Panin Sekuritas William Hartanto mengatakan pelemahan indeks hari ini karena masuk masa cooling down.

Seperti diketahui, pada perdagangan sebelumnya IHSG menguat di atas satu persen atau menguat 66,42 poin ke level 6.547,88. Namun pada penutupan perdagangan hari ini indeks justru melemah 11,42 poin ke level 6.536.

"Adanya masa cooling down setelah sebelumnya IHSG menguat signifikan di atas satu persen, jadi koreksi ini terbilang wajar," kata William kepada Medcom.id, Kamis, 7 Februari 2019.

Selain adanya masa cooling down, aksi ambil untung atau profit taking juga memicu pelemahan hari ini. William memprediksi, pasca pelemahan hari ini indeks akan lebih perkasa dan bisa menguat kembali.

"Setelah penurunan ini diperkirakan IHSG akan menguat kembali," ujar dia.

Pada penutupan perdagangan sore ini IHSG mengalami koreksi karena aksi profit taking setelah pada penutupan kemarin menguat. Melemahnya IHSG diikuti dengan mata uang rupiah. 

IHSG, Kamis, 7 Februari 2019 tercatat berada pada 6.536 atau melemah 11,42 poin. Volume perdagangan sebesar 11 miliar lembar saham dengan nilai sebesar Rp6,7 triliun. Sebanyak 217 saham naik, 237 saham turun, serta 135 saham tak bergerak.




(SAW)