Alasan BEI Tidak Bisa Suspensi Perdagangan Saham BFI Finance

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 08 Jun 2018 07:16 WIB
ihsgbeipasar modal
Alasan BEI Tidak Bisa Suspensi Perdagangan Saham BFI Finance
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta: PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menilai surat PT Aryaputra Teguharta (APT) yang meminta untuk menghentikan sementara atau suspend perdagangan saham PT BFI Finance (BFIN) kepada otoritas bursa tidak tepat. Pasalnya langkah itu menyalahi aturan yang ada.

Adapun p‎ada Selasa, 5 Juni 2018, APT mengirimkan surat peringatan kepada BEI agar menghentikan sementara atau delisting terhadap perdagangan saham BFI Finance. ‎Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat mengatakan untuk menjalankan penghentian sementara terhadap suatu saham harus melalui koridor yang benar dan memenuhi syarat-syarat yang berlaku.

Menurutnya ada syarat-syarat bagi bursa untuk memberikan ganjaran pengehentian sementara ke suatu perdagangan saham. ‎"Kalau syarat itu terpenuhi itu bisa dilakukan (penghentian sementara perdagangan saham). Kalau tidak terpenuhi ya tidak bisa," kata Samsul, di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Kamis, 7 Juni 2018.

Persyaratan itu, ia menjelaskan, seperti ada tuntutan hukum yang menganggu fokus bisnis perusahaan dan ada kejadian signifikan yang bisa membuat operasional perusahaan terganggu dan lainnya. Dalam kasus BFIN, lanjutnya, itu sama sekali tidak terpenuhi.

"Kami tidak bisa langsung menghentikan sementara perdagangan saham karena pemegang saham lain nanti marah, kecuali dari pengadilan yang minta dihentikan sementara perdagangan saham," jelas Samsul.

Samsul tidak menampik konflik yang terjadi antara BFIN dan APT sudah lama terjadi dan banyak putusan pengadilan yang dikeluarkan. Tapi, tidak ada satu pun perintah pengadilan yang meminta bursa melakukan penghentian sementara perdagangan saham.

"Jika memang ada maka otoritas bursa akan mengikuti perintah pengadilan tersebut," pungkas Samsul.‎

 


(ABD)


Qatar Janjikan Investasi USD15 Miliar di Turki
Di Tengah Krisis

Qatar Janjikan Investasi USD15 Miliar di Turki

15 hours Ago

Pejabat Turki mengatakan Qatar telah menjanjikan investasi senilai USD15 miliar berupa investas…

BERITA LAINNYA