Analis Perkirakan Rupiah Menguat ke Rp14.830/USD

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 14 Sep 2018 08:16 WIB
kurs rupiah
Analis Perkirakan Rupiah Menguat ke Rp14.830/USD
Ilustrasi (MI/ROMMY PUJIANTO)

Jakarta: Pergerakan mata uang Amerika Serikat (USD) yang cenderung melemah diprediksi bisa dimanfaatkan oleh rupiah untuk menuju area penguatan hari ini. Pergerakan nilai tukar rupiah diyakini akan berada pada rentang Rp14.842 sampai Rp14.830 per USD.

"Pergerakan USD yang cenderung tertekan diharapkan dapat berimbas positif pada pergerakan rupiah. Dengan demikian, pelemahan dapat diharapkan berkurang," kata Senior Analyst CSA Research Institute Reza Priyambada, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Jumat, 14 September 2018.

Reza menuturkan, pada hari sebelumnya, pergerakan USD pcenderung melemah seiring berkurangnya permintaan. Penurunan itu terjadi setelah merespons rencana Pemerintah Amerika Serikat yang akan melakukan renegosiasi dagang dengan Tiongkok dan imbasnya adalah turunnya indeks harga konsumen.

Pada hari sebelumnya juga, imbuh Reza, pergerakan rupiah cenderung stagnan karena adanya imbauan sekaligus pernyataan dari lembaga pemeringkat Moody’s terkait dengan pelemahan rupiah yang direspons cukup varaitif pelaku pasar.

"Dalam kesempatannya, Moody’s menyampaikan kondisi fundamental ekonomi Indonesia saat ini masih bisa mengatasi pelemahan rupiah," ujar dia.

Namun, lanjut Reza, jika pelemahan rupiah berlanjut semakin dalam maka berpotensi menimbulkan dampak negatif yang lebih luas. Apalagi pemerintah dan korporasi banyak bergantung terhadap pendanaan dari luar.

"Karena itu, tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat rupiah kembali melemah," pungkas dia.


(ABD)