HUT ke-25, Para Penggawa BEI Kenang Pencatatan Saham via Papan

Desi Angriani    •    Kamis, 13 Jul 2017 10:40 WIB
bei
HUT ke-25, Para Penggawa BEI Kenang Pencatatan Saham via Papan
Penggawa BEI kenang pencatatan saham di bursa. (Foto: MTVN/Desi Angriani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Memperingati ulang tahun PT Bursa Efek Indonesia (BEI) ke-25, para mantan 'penggawa' di BEI mengenang sejarah perkembangan bursa bersama seluruh karyawan dan tokoh pasar modal Indonesia.

Acara peringatan seperempat abad yang digelar di gedung utama BEI, Jakarta, Kamis 13 Juli 2017 ini juga menjadi ajang reuni para penggawa pasar modal. Jajaran komisaris dan direksi terdahulu pun tampak hadir di lokasi.

Ketika tayangan slide perkembangan pasar modal dimunculkan, seluruh karyawan bersorak dan bertepuk tangan. Terlebih saat tayangan perdagangan manual pada 22 Mei 1995 muncul, mereka bersorak saat melihat para seniornya mencatatkan saham di sebuah papan putih.


Karyawan BEI memeriahkan ulang tahun BEI. (FOTO: MTVN/Desi)

Napak tilas kenangan tersebut dilanjutkan dengan tayangan perpindahan gedung, bom mobil bursa efek pada 14 September 2000 hingga penggabungan bursa paralel dengan PT Bursa Efek Surabaya (BES) pada 2007.

Semuanya tampak lawas dan mengingatkan mereka terhadap sejarah berdirinya perkembangan bursa. Mantan bos BEI Achmad Daniri mengatakan, perkembangan teknologi mengakibatkan pencatatan saham menjadi lebih modern.

Ia teringat ketika settlement dipindahkan menggunakan truk, dan sekarang cukup melakukan pemindahbukuan.

"Saya sangat bangga bursa kita bisa dikatakan modern, saya ingat betul transaksinya dulu pakai papan dan memindahkan settlemen pakai truk," tutur dia.


Pemotongan tumpeng untuk syukuran ulang tahun BEI. (FOTO: MTVN/Desi)

Dia berharap, ke depannya Bursa Efek Indonesia menjadi lebih baik dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dapat tetus menembus level tertingginya.

"Saya juga berharap dulu waktu zaman dulu tiada hari tanpa go publik," tandasnya.

Acara tersebut ditutup dengan pemotongan tumpeng dan acara tiup lilin oleh seluruh jajaran direksi BEI.


(AHL)