Masih Minim, OJK akan Tingkatkan Instrumen Investasi di Pasar Modal

Dian Ihsan Siregar    •    Sabtu, 12 Aug 2017 07:08 WIB
pasar modal
Masih Minim, OJK akan Tingkatkan Instrumen Investasi di Pasar Modal
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso. (FOTO: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Instrumen investasi di pasar modal dianggap masih kurang diminati investor. Menilik itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berniat menambah instrumen investasi lain.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menimbang perlunya rencana penambahan itu. Sehingga, banyak kalangan pelaku pasar di bursa bisa memilih beragam instrumen investasi.

"Bagaimana instrumen lebih banyak lagi sehingga pasar kita bisa likuid selain memberi pembiayaan medium dan infrastruktur jangka panjang," tutur Wimboh ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), SCBD Sudirman, Jakarta, Jumat 11 Agustus 2017.

Hingga saat ini, tutur Wimboh, sumber pembiayaan infrastruktur masih dikuasai oleh perbankan. Meski begitu, beberapa perusahaan infrastruktur sedang mempersiapkan diri untuk mencari dana segar dari bursa.

"Ini para perusahaan yang menangani infrastruktur mungkin masih proses untuk bisa eligible untuk mengeluarkan surat berharga atau mungin harus keluarkan right issue di pasar modal," sebut Wimboh.

Untuk mengembangkan pasar modal dalam satu tahun mendatang, OJK mengaku memiliki beberapa program. Pertama, otoritas bakal mendorong dan mempercepat pemanfaatan regulasi pasar modal terkait infrastruktur secara lebih konkrit dan dalam jumlah yang signifikan.

Kedua, OJK mendorong pelaku bisnis kecil menengah untuk segera memanfaatkan langkah go public. Ketiga, OJK akan terus mendorong peningkatan pertumbuhan jumlah investor domestik secara lebih progresif, dengan mendorong lembaga jasa keuangan dan individu-individu professional.

Terakhir, OJK akan terus melakukan analisa dan evaluasi atas efektivitas dari beberapa regulasi, kebijakan, dan praktek atau proses bisnis di pasar modal, guna meningkatkan efisiensi dan daya saing industri pasar modal nasional.

 


(AHL)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA