Listing Perdana, Saham PSSI Melesat ke Rp220/Saham

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 05 Dec 2017 10:01 WIB
emitenipo
<i>Listing</i> Perdana, Saham PSSI Melesat ke Rp220/Saham
Saham PSSI Melesat ke Rp220/Saham. (FOTO: MTVN/Dian Ihsan Siregar)

Jakarta: PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) resmi melakukan listing (IPO) ‎di Bursa Efek Indonesia (BEI) pagi ini dengan melepas saham sebanyak-banyaknya 1,006 miliar saham.‎ Perusahaan resmi menawarkan harga IPO ke publik sebesar Rp135 per saham.

Pantauan Medcom.id, Selasa, 5 Desember 2017, pada saat pencatatan, saham perusahaan langsung naik 85 poin atau 62,96 persen ke posisi Rp220 per saham. Adapun saham yang ditransaksikan 2.164 lot dengan frekuensi dua kali, sehingga nilai yang didapat sebesar Rp45,39 juta.

"Kami menjunjung tinggi keadilan bagi pemegang saham publik. Kita juga melakukan good corporate governance. Ini kita lakukan," kata Direktur Utama PSSI Iriawan Ibarat, ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta.

Perusahaan akan meraup dana segar lebih dari Rp150,9 miliar dari proses hajatan IPO tersebut. Perseroan pun sudah menunjuk PT BCA Sekuritas selaku penjamin pelaksana emisi efek (underwriter).

Catatan Medcom.id, dana segar dari hasil IPO setelah dikurangi biaya emisi, sebesar 60 persen akan digunakan untuk belanja modal perusahaan, sebesar 20 persen untuk membayar utang kepada Bank UOB Singapura.

Sisanya, sebanyak 20 persen akan digunakan perusahaan untuk membiayai modal kerja, seperti pembelian bahan bakar, suku cadang, dan pemeliharaan.

Pelita Samudera Shipping didirikan pada 10 Januari 2007. Ruang lingkup kegiatan usaha perusahaan adalah bergerak dalam bidang usaha jasa angkutan laut. Sebelum IPO, saham perusahaan dimiliki ‎PT Indoprima Marine sebesar 59 persen, sebesar 36,53 persen dimiliki Kendilo Pte Ltd, dan 4,47 persen dimiliki Berty Ekel.


(AHL)