Hadapi Sentimen AS, Rupiah Naik Lima Poin

   •    Selasa, 05 Dec 2017 16:41 WIB
kurs rupiah
Hadapi Sentimen AS, Rupiah Naik Lima Poin
Illustrasi. MI/Susanto.

Jakarta: Mata uang rupiah mengalami kenaikan pada penutupan perdagangan hari ini. Rupiah berhasil menguat di tengah sentimen positif dari data Amerika Serikat (AS).

Bloomberg, Selasa, 5 Desember 2017, mencatat mata uang rupiah naik lima poin atau 0,04 persen dengan berada pada Rp13.522 per USD.

Yahoo Finance melansir mata uang rupiah naik 10 poin atau 0,07 persen dengan berada pada Rp13.514 per USD.

Bank Indonesia (BI) merekam mata uang rupiah naik 12 poin pada penutupan perdagangan hari ini dengan berada pada Rp13.515 per USD.

Analis Samuel Sekuritas Ahmad Mikail memperkirakan dolar indeks menguat terhadap sejumlah mata uang hari ini dengan kemungkinan kembali berproduksinya produksi minyak Amerika Serikat (AS).

Gerak nilai tukar rupiah diperkirakan tertekan. Harga komoditas diperkirakan tertekan seiring dengan meningkatnya produksi minyak di AS.

"Berita tersebut kemungkinan akan menekan nilai tukar negara-negara pengekspor komoditas termasuk rupiah. Rapat FOMC yang semakin dekat juga diperkirakan akan semakin memperkuat USD. Hari ini USD diperkirakan diperdagangkan di level Rp13.530 hingga Rp13.550 per USD," kata Analis Samuel Sekuritas Ahmad Mikail, di Jakarta, Selasa, 5 Desember 2017.


(SAW)