Keputusan The Fed-BI-BoJ, Capital Inflow Membanjiri Pasar Modal RI

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 22 Sep 2016 18:43 WIB
pasar modal
Keputusan The Fed-BI-BoJ, <i>Capital Inflow</i> Membanjiri Pasar Modal RI
Ilustrasi. (Foto: Antara/Puspa).

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Sentral AS (The Fed) tidak jadi menaikkan suku bunganya atau Fed Fund Rate (FFR) di September ini. Hasil keputusan itu akan membuat gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ‎semakin merekah di level hijau.

"Ini isu bagus dampaknya ke kita kalau The Fed tidak naikkan suku bunga. Global fund tidak akan ditarik. Harusnya impact-nya bagus," ungkap Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat, ‎ditemui di kantor pusat PP Muhammadiyah, di Jakarta, Kamis (22/9/2016).

Selain itu, ‎Bank Indonesia (BI) yang menurunkan suku bunga BI 7 Day Reverse Repo Rate ke level lima persen, dari sebelumnya 5,25 persen. Hal itu juga akan memberikan dampak positif yang besar bagi kinerja indeks.

"Jadi enggak perlu didorong capital inflow agar masuk ke Indonesia. Mareka akan masuk sendiri. Dengan tiga keputusan yang ada, seperti The Fed tidak jadi naikkan suku bunga, keputusan Bank of Japan (BoJ), dan dari penurunan suku bunga BI. Ini dampaknya sangat baik ke kita. Saya optimistis itu," tegas Samsul.

‎Sentimen lain dari dalam negeri, lanjut Samsul, yakni masalah amnesti pajak merupakan hal yang perlu diikuti terus menerus. Dengan banyaknya dana mengalir ke Indonesia, maka portofolio investasi di Indonesia akan semakin bagus.‎ Meski belum terlihat dengan jelas realisasi amnesti pajak hingga saat ini. ‎"Tapi amnesti pajak merupakan policy yang bagus," tegas Samsul.

Samsul menambahkan, jika tingkat suku bunga ‎BI 7 Day Reverse Repo Rate mengalami penurunan, maka banyak orang akan investasi. Pemerintah menaruh harapan seperti itu, ketika suku bunga perbankan mengalami penurunan.

‎"Teorinya tingkat suku bunga turun itu berinvestasi, mereka akan investasi. Pemerintah berharap orang jangan taruh uangnya ke bank, malah ke yang lain, Teorinya seperti itu," pungkas Samsul.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA