Rupiah Perdagangan Pagi Menguat di Rp13.450/USD

Angga Bratadharma    •    Senin, 28 Nov 2016 09:21 WIB
kurs rupiah
Rupiah Perdagangan Pagi Menguat di Rp13.450/USD
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan pagi di awal pekan ini terpantau menguat dibandingkan dengan perdagangan sore di akhir pekan lalu di Rp13.525 per USD. Nilai tukar rupiah mulai bergerak melawan keperkasaan USD meski masih ada ketidakpastian global.

Mengutip Bloomberg, Senin 28 November, nilai tukar rupiah pada perdagangan pagi berada di posisi Rp13.450 per USD. Day range nilai tukar rupiah di kisaran Rp13.448 per USD sampai Rp13.492 per USD dengan year to date return di minus 1,91 persen. Sedangkan menurut Yahoo Finance, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.433 per USD.

Nilai tukar rupiah terhadap USD menguat pada perdagangan Jumat sejalan dengan pelemahan USD di Asia walaupun aksi jual asing masih terlihat di pasar Surat Utang Negara (SUN) sehingga mendorong imbal hasil untuk kembali naik.

Baca: Rupiah Perdagangan Sore Menguat Tipis ke Rp13.525/USD

"Dengan dolar index yang terkoreksi dalam beberapa terakhir maka nilai tukar rupiah berpeluang terapresiasi walaupun pelemahan bisa kembali terjadi dalam waktu dekat," kata Analis Samuel Sekuritas Rangga Cipta, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta.


Sumber: Bloomberg

Tekanan pelemahan reda sesaat, situasi domestik lebih stabil. Dari domestik fokus tertuju pada inflasi November 2016 yang diperkirakan naik. Sementara aksi demonstrasi yang tidak terlihat pada Jumat pekan lalu sedikit mengurangi ketidakpastian dalam negeri.

Baca: Rupiah Pagi Melemah Tipis ke Rp13.570/USD

"Fokus mulai beralih pada rencana demonstrasi pada 2 Desember 2016 mendatang," kata Rangga.

 


(ABD)