Kapitalisasi Pasar Bertambah, BEI Respons Positif Rencana IPO Freeport

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 24 Nov 2016 18:26 WIB
freeport
Kapitalisasi Pasar Bertambah, BEI Respons Positif Rencana IPO Freeport
Ilustrasi tambang Freeport. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bursa Efek Indonesia (BEI) ‎merespons positif langkah PT Freeport Indonesia yang berencana melepas 30 persen sahamnya ke publik lewat mekanisme penawaran umum perdana saham (IPO) di pasar modal Indonesia.

Rencana perusahaan tambang berasal dari Negeri Paman Sam, Amerika Serikat (AS) tersebut yang ingin melakukan IPO di bursa disampaikan langsung oleh Presiden Direktur Freeport Indonesia Chappy Hakim.

"Ya bagus dong, kami menyambut baik‎ setiap rencana perusahaan yang akan IPO," ucap Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat‎ kepada Metrotvnews.com, Kamis (24/11/2016).

Baca: Tarik Ulur Divestasi Saham Freeport 10,64%

Menurut Samsul, secara informal memang sudah ada pemberitahuan yang didapatkan manajemen bursa terkait rencana Freeport Indonesia ingin IPO di bursa. ‎Namun, sampai saat ini belum ada surat resmi yang disampaikan Freeport Indonesia ke bursa.

"Mungkin informally. Belum ada surat resmi dari sana (Freeport) terkait IPO," ungkap Samsul.

Samsul menambahkan, apabila memang Freeport berniat IPO, belum tentu bisa ‎bisa terjadi secara cepat. Pasalnya, internal perusahaan harus memproses semua permasalahan yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Baca: 9,36% Saham Freeport akan Dialihkan ke Holding Tambang

"Internal perusahaan akan ada proses, belum tentu juga bisa cepat prosesnya. Di samping masih banyak permasalahan internal perusahaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu," ucap Samsul.

Namun demikian, setidaknya niatan IPO itu akan memberikan respons positif bagi pasar modal. Karena, tingkat kapitalisasi bursa akan bertambah besar, setelah Freeport Indonesia masuk bursa.


(AHL)