Jelang Pertemuan the Fed

Ruang Penguatan Rupiah Masih Terbuka Lebar

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 14 Jun 2017 09:46 WIB
kurs rupiah
Ruang Penguatan Rupiah Masih Terbuka Lebar
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gerak nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) mulai terbuka‎ untuk mengalami penguatan. Keadaan itu diharapkan bisa dimanfaatkan oleh mata uang Garuda agar dapat melanjutkan posisi kenaikan dan nantinya memberi efek positif terhadap fundamental perekonomian.

‎"Apalagi tampaknya kondisi berbeda terjadi saat ini, di mana jelang pertemuan the Fed tampaknya sikap pelaku pasar tidak seperti biasanya yang cenderung avoid pasar. Namun, kali ini tetap bertahan‎," ujar Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada‎, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Rabu 14 Juni 2017.

‎Dengan keadaan itu, Reza memperkirakan, gerak rupiah akan berada di kisaran support Rp13.315 per USD, sedangkan posisi resisten berada di Rp13.272 per USD. "Tetap cermati berbagai sentimen yang ada dan antisipasi terhadap perubahan arah rupiah (jika ada)," kata Reza.

Reza menambahkan, pergerakan nilai tukar rupiah pada perdagangan di hari kemarin mampu mengalami kenaikan meski jelang pertemuan the Fed. Tampaknya pelaku pasar mencoba bersikap optimistis nantinya the Fed akan benar-benar merealisasikan kenaikan tingkat suku bunganya.

"Sehingga tingkat preferensi risiko pelaku pasar cenderung rendah. ‎Itu yang membuat rupiah mampu naik di kala jelang pertemuan pejabat bank sentral AS," tutur Reza.

Selain itu, mata uang Rupiah terimbas pergerakan CAD yang mampu menguat di atas USD setelah mengumumkan potensi akan kenaikan tingkat suku bunganya. "Dengan berbalik melemahnya USD atas CAD memberikan kesempatan pada mata uang lainnya untuk bergerak menguat terhadap USD. Rupiah tidak melewatkan kesempatan tersebut meski hanya naik tipis," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, rupiah mengalami penguatan 17 poin, atau setara 0,13 persen ke level Rp13.291 per USD hingga penutupan Selasa 13 Juni 2017. Padahal pada pembukaan perdagangan pagi, mata uang Garuda masih di level ‎Rp13.303 per USD.

 


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

3 days Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA