Catat 3 Miliar Saham

Ayana Land Siap Resmikan Menjadi Emiten Pagi Ini

   •    Senin, 07 Aug 2017 08:46 WIB
emitenbeipasar modalipo
Ayana Land Siap Resmikan Menjadi Emiten Pagi Ini
Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Ayana Land International bakal merealisasikan listing atau melakukan Initial Public Offering (IPO) ‎di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada pagi ini. Dengan begitu perseroan resmi menjadi emiten ke-21 di 2017, atau ke-556 yang sudah mencatatkan saham di bursa.

Langkah IPO perseroan di pasar modal dengan melepas saham sebanyak-banyaknya 3 miliar juta saham.‎ N‎ilai nominal saham yang dipatok dengan harga Rp100 per saham, sedangkan harga ‎penawaran resmi IPO yang dilepas ke publik sebesar Rp105 per saham.

Proses IPO perseroan direalisasikan di Gedung BEI, Jakarta, Senin 7 Agustus 2017, bertepatan dengan pembukaan perdagangan saham di pasar modal Indonesia. Maka perusahaan akan mendapatkan kode ticker NASA.

Perusahaan akan meraup dana segar Rp31,5 miliar‎ dari proses hajatan IPO tersebut. Perusahaan sudah menunjuk PT Jasa Utama Capital Sekuritas selaku penjamin pelaksana emisi efek (underwriter)

Catatan Metrotvnews.com, dana segar dari hasil IPO setelah dikurangi biaya emisi, sebesar 25 persen akan dialokasikan untuk peningkatan penyertaan modal pada anak usaha di bidang pengeloaan properti, sebesar 24,75 persen untuk diberikan pinjaman kepada anak usaha PT Akasa Legian Karya yang selanjutkan akan dikembangkan untuk proyek.

Kemudian, sisanya 50,25 persen akan diberikan untuk entitas cucu usaha yakni PT Mandiri Berdikari Jayaraya, yang selanjutnya akan dibelikan lahan untuk cadangan pengembangan.

PT Ayana Land International didirikan pada tahun 2014. Ruang lingkup kegiatan usaha PT Ayana Land International adalah perusahaan investasi di bidang properti yang membangun dan mengelola properti. Saat ini, Ayana Land adalah mengelola beberapa hotel dan membangun hunian di berbagai tempat di Indonesia.

Sebelum Penawaran Umum Perdana, saham PT Ayana Land International dimiliki oleh PT Sinar Cemerlang Jayaraya sebesar 60 persen dan 40 persen dimiliki oleh PT Abadi Usaha Jayaraya.


(ABD)