Mantan Dirkeu Pertamina Pimpin Danareksa

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 13 Sep 2018 13:39 WIB
danareksa
Mantan Dirkeu Pertamina Pimpin Danareksa
Arief Budiman (kiri) ditunjuk menjadi Direktur Utama Danareksa. (FOTO: dok Kementerian BUMN)

Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengangkat Arief Budiman, mantan direktur keuangan PT Pertamina (Persero), menjadi direktur utama PT Danareksa (Persero).

Arief Budiman menggantikan posisi Heru D Adhiningrat yang telah menjabat sebagai Direktur Utama PT Danareksa (Persero) selama sembilan tahun.

Mengutip keterangan tertulis Kementerian BUMN yang diperoleh Medcom.id, Kamis, 13 September 2018, pengangkatan dan pemberhentian ini tertuang dalam Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara selaku Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Danareksa Nomor SK-241/MBU/09/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Direktur Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Danareksa tertanggal 13 September 2018.

Pada surat keputusan tersebut menyebutkan memberhentikan dengan hormat Heru D Adhiningrat sebagai direktur utama Danareksa dengan ucapan terima kasih atas segala sumbangan dan fikirannya selama memangku jabatan tersebut.

Pada SK tersebut juga menggangkat Arief Budiman sebagai Direktur Utama PT Danareksa (Persero). Jabatan terakhir Arief Budiman adalah sebagai Direktur Keuangan PT Pertamina, yang dijabatnya pada periode 2014-2018.

Arief meraih gelar Sarjana Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung (1996) dan memperoleh gelar Master of Business Administration (Honors) dari The Wharton School, University of Pennsylvania. Perjalanan karirnya diawali dari 1997 di Konsultan Booz Allen & Hamilton, Asia, Merryl Lynch (Summer Associate, Invenstment Banking) (2001), Booz Allen & Hamilton, USA (Associate, 2003-2004) dan PT McKinsey Indonesia (jabatan terakhir President Director 2004-2014).


(AHL)