Produsen Bir Indonesia Ekspor ke Korea Selatan

Erandhi Hutomo Saputra    •    Senin, 14 May 2018 16:11 WIB
emiten
Produsen Bir Indonesia Ekspor ke Korea Selatan
Ilustrasi. (Foto: Antara/Agung Rajasa).

Tangerang: Perlahan tapi pasti, PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI) mulai mengeksplorasi pasar-pasar ekspor baru. Setelah melebarkan sayap ekspor ke Inggris pada 2017 lalu, Multi Bintang mulai merambah pasar Korea Selatan pada tahun ini.

Sebelumnya, perseroan juga telah melakukan ekspor ke Singapura, Australia, Jepang serta Belanda dengan Bir Bintang sebagai produk unggulannya. Sebanyak satu kontainer, Bir Bintang siap dikirim langsung ke Korea Selatan untuk pertama kalinya.

Bir Bintang akan menjadi produk bir Indonesia pertama yang tersedia di Korea Selatan. Hal itu dapat terealisasi berkat kerja sama melalui kemitraan strategis antara Multi Bintang dengan Heineken Korea Selatan.

"Kami sangat bangga bahwa Bir Bintang yang diracik oleh putra putri terbaik Indonesia, akan turut serta dalam mempromosikan persahabatan antara Indonesia dan Korea Selatan. Kami harap Korea Selatan bisa menjadi rumah baru bagi Bir Bintang, menambah daftar negara-negara dimana Bir Bintang telah menginjakkan kakinya," ujar Presiden Direktur Multi Bintang Indonesia Michael Chin dalam Seremoni Ekspor Perdana Bir Bintang ke Korea Selatan di Tangerang, Senin, 14 Mei 2018.

Multi Bintang juga berterima kasih kepada turis asal Korea Selatan yang telah mendapatkan pengalaman yang menyenangkan bersama Bir Bintang selama di Indonesia. Hal tersebut sangat membantu mendukung citra positif Bir Bintang di Negeri Ginseng.

"Ini yang mendasari adanya permintaan Bir Bintang yang cukup besar di Korea Selatan. Ketika kembali ke negeri asalnya, para turis masih mencari bir dari Indonesia. Ketika produk kita ada di sana, mereka sudah mengenalnya ketika di Indonesia. Jadi dicari juga di sana," tuturnya.

Michael mengatakan Bir Bintang akan disejajarkan dengan merek bir terkenal di dunia dan akan masuk ke kategori affordable premium di Korea Selatan. Produk tersebut akan tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari kaleng 330 mililiter (ml), kaleng 500 ml, botol 330 ml, dan botol 620 ml.

"Sebagai merek bir ikonik Indonesia, kami berharap pengalaman menikmati Bir Bintang di Korea Selatan akan mendukung nation branding Indonesia di luar negeri yang saat ini sedang gencar dilakukan oleh pemerintah," tutup Michael.

PT Multi Bintang Indonesia pada tahun lalu membukukan pendapatan sebesar Rp3,39 triliun. Angka tersebut lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya Rp3,26 triliun. Di pasar dalam negeri, penjualan terbesar dicatatkan di Bali yang merupakan tujuan utama bagi turis mancanegara.


(AHL)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

2 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA