Awali Pekan, Rupiah Perdagangan Pagi Melemah ke Rp13.607/USD

Angga Bratadharma    •    Senin, 13 Nov 2017 08:48 WIB
kurs rupiah
Awali Pekan, Rupiah Perdagangan Pagi Melemah ke Rp13.607/USD
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Adwit B Pramono)

Jakarta: Gerak nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan Senin pagi atau di awal pekan terlihat dibuka melemah dibandingkan dengan perdagangan sore di hari sebelumnya di posisi Rp13.543 per USD. Sejauh ini, belum ada sentimen positif yang membuat nilai tukar rupiah menguat tajam.

Mengutip Bloomberg, Senin 13 November 2017, perdagangan pagi dibuka melemah ke Rp13.607 per USD. Day range nilai tukar rupiah berada di kisaran Rp13.547 per USD hingga Rp13.613 per USD dengan year to date return di minus 0,92 persen. Sedangkan menurut Yahoo Finance, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.345 per USD.

Sementara itu, Analis Samuel Sekuritas Ahmad Mikail menilai, dolar Amerika Serikat (USD) melemah setelah ketidakpastian kebijakan pemotongan pajak Presiden AS Donald Trump meningkat. USD mengalami pelemahan di sesi perdagangan Jumat setelah mengalami ketidakpastian.



"Rupiah diperkirakan akan bergerak stabil setelah data rilis defisit neraca berjalan terhadap PDB mengalami penurunan dari 1,9 persen di kuartal II-2017 menjadi 1,65 persen di kuartal III-2017 pada Jumat kemarin," tuturnya, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta.

Efek rilis data tersebut diperkirakan terbatas mengangkat rupiah seiring ketidakpastian yang cukup tinggi di pasar obligasi global setelah Senat dari partai Republik mengatakan mereka akan menyetujui rencana pemotongan pajak tersebut tahun depan. Lebih lama dari yang direncanakan.

"Imbal hasil obligasi tenor 10 tahun Indonesia naik seiring peningkatan imbal hasil obligasi AS. Peningkatan sejumlah harga komoditas seperti emas dan minyak yang terus berlanjut usai ketidakpastian kapan kebijakan pemotongan pajak di AS mendorong peningkatan imbal hasil obligasi AS dan menekan imbal hasil obligasi domestik," pungkasnya.

 


(ABD)

Pemerintah Masih Godok Pembentukan <i>Holding</i> BUMN Jasa Keuangan

Pemerintah Masih Godok Pembentukan Holding BUMN Jasa Keuangan

4 hours Ago

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih menggodok pembentukan holding BUMN di sektor …

BERITA LAINNYA