Analis Prediksi IHSG Bergerak Menguat

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 06 Jul 2018 09:01 WIB
ihsg
Analis Prediksi IHSG Bergerak Menguat
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jakarta: Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan saham di sepanjang hari ini diprediksi menguat. Namun, patut diwaspadai efek negatif dari pemberlakukan tarif impor Amerika Serikat kepada Tiongkok. Kondisi tersebut bisa memicu IHSG berbalik arah dan melemah.

Pengamat Pasar Modal Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI) Reza Pryambada mengatakan support 5.715 sempat ditembus, namun tidak lama kemudian IHSG mampu berbalik positif dan bergerak sesuai dengan target resisten sebelumnya di 5.730-5.762.

"Diharapkan IHSG selanjutnya dapat bertahan di atas support 5.618-5.723 untuk mencegah kembali melemah lebih dalam lagi. Resisten diharapkan dapat menyentuh kisaran 5.748-5.773 untuk mengkonfirmasi kenaikan lanjutan," kata Reza, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Jumat, 6 Juli 2018.

Tekanan jual tidak kunjung usai pada perdagangan jelang akhir pekan ini sehingga pelaku pasar juga belum terlihat kembali masuk di mana investor cenderung menahan diri dalam menyikapi sentimen yang ada.

Selain itu, lanjut Reza, melemahnya rupiah dan bursa saham Asia jelang diberlakukannya tarif dagang fase pertama AS terhadap barang-barang Tiongkok direspons negatif. Bahkan tidak jarang yang memanfaatkan kenaikan sebelumnya untuk kembali aksi ambil untung. Saham-saham perbankan yang sebelumnya menguat, kali ini kembali tertekan dengan adanya aksi jual.

Rotasi sektoral pun kembali terjadi di mana kali ini sektor pertambangan yang ditopang sebagian saham-saham batu bara dan infrastruktur dengan penguatan sebagian saham-saham transportasi memimpin kenaikan. Bahkan mampu mengembalikan IHSG ke zona hijau di mana sepanjang perdagangan berada di teritori merah.

Sementara itu, Analis PT Binaartha Parama Sekuritas Muhammad Nafan Aji menyatakan hal senada di mana IHSG pada perdagangan hari ini diprediksi menguat. IHSG berhasil ditutup menguat 0.09 persen di level 5739.332 pada 5 Juli 2018.

Beberapa saham yang rekomendasikan hari ini yakni PT Alam Sutera Realty Tbk, PT Barito Pasific Tbk, PT Eagle High Plantations Tbk, PT PP Property Tbk, Salim Ivomas Pratama Tbk, dan PT  PT Waskita Beton Prescast Tbk.

 


(ABD)