Rupiah Perdagangan Pagi Melemah Tipis ke Rp13.289/USD

Angga Bratadharma    •    Kamis, 15 Jun 2017 09:00 WIB
kurs rupiah
Rupiah Perdagangan Pagi Melemah Tipis ke Rp13.289/USD
Ilustrasi (MI/ATET DWI PRAMADIA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gerak nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan Kamis pagi terpantau melemah tipis dibandingkan dengan perdagangan sore di hari sebelumnya di posisi Rp13.377 per USD. Adapun perdagangan nilai tukar rupiah hari ini diperkirakan mampu mengalami penguatan.

Mengutip Bloomberg, Kamis 15 Juni 2017, nilai tukar rupiah pada perdagangan pagi dibuka di posisi Rp13.289 per USD. Day range nilai tukar rupiah berada di kisaran Rp13.272 per USD hingga Rp13.289 per USD dengan year to date return di minus 1,45 persen. Sedangkan menurut Yahoo Finance, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.062 per USD.

Sedangkan ruang nilai tukar rupiah untuk mengalami penguatan telah terbuka dan di sisi lain daya tarik Surat Utang Negara (SUN) meningkat. Adapun nilai tukar rupiah yang menguat lagi di perdagangan Rabu bersama mayoritas kurs di Asia diperkirakan semakin kuat merespons pelemahan dolar index.

Analis Samuel Sekuritas Rangga Cipta mengatakan, imbal hasil UST yang justru anjlok hingga dini hari tadi akan membuat SUN semakin menarik. Fokus hari ini tertuju pada neraca perdagangan Mei 2017 yang diperkirakan menipis surplusnya ke USD1 miliar.

"Selain itu, ditunggu hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) yang diperkirakan mempertahankan BI RR rate di 4,75 persen," ungkap Rangga, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta.

Sementara itu, Federal Reserve atau the Fed memutuskan untuk menaikkan tingkat suku bunga acuan dan di sisi lain proyeksi inflasi dipangkas. Sesuai ekspektasi, Fed Fund Rate (FFR) target kembali mengalami kenaikan sebanyak 25 bps.

 


(ABD)