Trump Kembali Beri Sentimen Negatif ke Indeks

Angga Bratadharma    •    Kamis, 10 Aug 2017 09:15 WIB
ihsg
Trump Kembali Beri Sentimen Negatif ke Indeks
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indeks Amerika Serikat (AS) semalam ditutup melemah dipicu oleh meningkatnya ketegangan AS dengan Korea Utara. Sedangkan pasar Eropa kemarin tercatat mengalami penurunan didorong oleh sentimen yang sama.

Samuel Research Team menyebut, dari update data makro AS terkini, job opening dilaporkan menguat signifikan. Sementara mortgage applications tercatat positif dari negatif di bulan sebelumnya. Pekan ini investor tengah menanti data bulanan jobless dan continuing claims serta data CPI.

"Dari pasar Asia Pasifik, pagi ini beberapa indeks di wilayah tersebut ditransaksikan melemah," ungkap Samuel Research Team, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Kamis 10 Agustus 2017.

Kemarin, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup mengalami penguatan di tengah telah berakhirnya masa earning seasons. Pasar domestik kini tengah menanti data BoP, Trade Balance (expor dan impor) dan penjualan 2W serta 4W sebagai indikator aktivitas makro.

"Nilai tukar rupiah ditransaksikan melemah ke Rp13.333 dibandingkan dengan Rp13.313 di hari sebelumnya, sementara pasar EIDO tercatat menguat," ungkap Samuel Research Team.

Harapan pelonggaran moneter yang meningkat semakin tercermin di pasar SUN dengan imbal hasil yang semakin turun dan tingkat inflasi Agustus 2017 yang diperkirakan rendah serta pertumbuhan penjualan ritel Juli 2017 yang melambat jadi faktor pendukung tambahan diperlukannya stimulus moneter, walaupun tidak selalu berarti pemangkasan BI RR rate.

Di sisi lain, penguatan USD belum solid dan tingkat inflasi Amerika Serikat (AS) jadi fokus. Dolar index kembali melemah setelah sempat menguat pada perdagangan semalam. Di saat yang sama, terlihat yen yang menguat cukup tajam dengan meningkatnya permintaan aset safe-haven akibat tensi yang meningkat antara Korea Utara dan AS.


(ABD)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA