Kisruh Mogok Kerja Internal Garuda Diputuskan Besok

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 05 Jul 2018 21:00 WIB
garuda indonesia
Kisruh Mogok Kerja Internal Garuda Diputuskan Besok
Garuda Indonesia. Medcom/Desi A.

Jakarta: ‎Asosiasi Pilot Garuda (APG) dan Serikat Karyawan Garuda (Sekarga)‎ memastikan keputusan mogok kerja karyawan dan pilot Garuda Indonesia akan diputuskan besok, Jumat, 6 Juli 2018. Hal itu disebabkan keputusan mogok kerja harus menunggu kesepakatan dari anggota lainnya.

"‎APG bersama Sekarga dan direksi Garuda dipanggil Ibu Rini (Menteri BUMN) untuk selesaikan masalah. Memang ada kesepakatan, tapi besok baru akan kami sampaikan di Garuda City Center (GCC), Cengkareng. Jadi kalau mau dilanjutkan besok. Maaf kita sudah capek," ujar Presiden APG Bintang Hardiono, ditemui di rumah pribadi Menteri BUMN Rini Soemarno di kawasan Patra Kuningan, Jakarta, Kamis, 5 Juli 2018.

Bintang menyatakan direksi Garuda dan Kementerian BUMN masih meminta waktu agar kisruh Garuda benar-benar rampung, sehingga tidak ada lagi persoalan yang dihadapi oleh karyawan dan pilot Garuda.

"Dia (Rini Soemarno) minta waktu untuk selesaikan masalah. Besok, mudah-mudahan terbaik untuk semua," terang dia.

Walaupun demikian, Bintang mengaku, keputusan tersebut akan menjadi yang terbaik, sehingga perpecahan di internal Garuda benar-benar terselesaikan. "Kami akan coba jalan yang terbaik. Ya saya harus ngobrol sama anggota lainnya dulu," ungkap dia.

‎Pada kesempatan yang sama, Ketua Harian Sekarga Tomy Tampatty menambahkan pertemuan dengan Menteri Rini telah memperoleh hasil yang maksimal. Hanya saja, keputusan itu harus didiskusikan oleh anggota lainnya.

"Hari ini ada konsolidasi. Ini hasil dari sini akan kami sosialisasikan ke anggota lain. Jadi ada titik terang yang bisa kami bicarakan ke anggota," tukas dia.

 


(SAW)