2018, Emiten Harus Optimalkan Fungsi Pasar Modal

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 22 Dec 2017 22:06 WIB
emiten
2018, Emiten Harus Optimalkan Fungsi Pasar Modal
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA)

Jakarta: ‎Direktur Penilaian Perusahaan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Samsul Hidayat berrencana menggapai kinerja lebih ke aspek kualitatif pada 2018. BEI dinilai telah tampil ciamik dalam menggapai banyak target sepanjang tahun ini, baik jumlah emiten, investor, nilai transaksi harian, dan sebagainya.

"Jadi, fokus 2018 ada pada what after IPO. Ke depannya, kami lebih ke peningkatan pemanfaatan pasar modal oleh perusahaan yang telah IPO," kata Samsul, ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Jumat, 22 Desember 2017.

Samsul mengatakan, kurang dari seminggu sebelum pengujung 2017, bursa telah merealisasikan 36 perusahaan yang mencatatkan saham di pasar modal atau lebih banyak dari target sebanyak 35 emiten. Namun, akan ada penambahan satu emiten pada Jumat, 29 Desember 2017 nanti.

‎"PT Prima Cakrawala Abadi Tbk akan mencatatkan saham perdana di akhir tahun ini. Untuk awal 2018 saja, sudah ada empat perusahaan yang pipeline untuk mencatatkan saham di BEI. Mereka memakai buku September 2017," tutur Samsul.

Sudah adanya empat perusahaan yang resmi listing di tahun depan, maka target 35 emiten b‎isa tercapai. "Hanya 31 perusahaan yang menjadi sasaran BEI. Jadi, kami sangat optimistis akan kembali melampaui target jumlah emiten sebanyak 35 perusahaan di 2018," papar Samsul.

Meski begitu, dia menyatakan, bursa akan lebih fokus ke pencapaian secara kualitatif, agar investor dan emiten bisa lebih memanfaatkan fungsi pasar modal, sebagai tempat pencari dana segar selain perbankan.

"Kalau seperti tahun ini saja, dana yang diperoleh dari rigths issue saja hampir Rp64 triliun, obligai Rp154 triliun dari penerbitan obligasi korporasi 101 emisi," ungkap Samsul.

Banyaknya emiten yang menggunakan pasar modal dalam mencari dana, maka bursa optimistis pada tahun depan akan lebih semarak lagi. "Tahun depan, saya perkirakan akan banyak pemanfaatan dana dari pasar modal. Karena, sekarang trennya sudah bagus," tutup Samsul.


(AHL)


Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

3 hours Ago

Pengalihan komando Pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam kepa…

BERITA LAINNYA