Rupiah Menguat Tipis

Arif Wicaksono    •    Senin, 10 Jul 2017 16:45 WIB
kurs rupiah
Rupiah Menguat Tipis
Ilustrasi (ANT/Yudhi Mahatma).

Metrotvnews.com, Jakarta: Mata uang rupiah mengalami penguatan pada perdagangan hari ini. 

Bloomberg, Senin 10 Juli 2017, mencatat mata uang rupiah menguat satu poin atau 0,01 persen dengan berada pada Rp13.398 per USD. 

Yahoo Finance melansir mata yang rupiah menguat sebanyak enam poin atau 0,04 persen dengan berada pada Rp13.396 per USD. 

Bank Indonesia (BI) merekam mata uang rupiah melemah sebanyak 11 poin dengan berada pada Rp13.408 per USD. 

Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambad‎a‎ mengatakan, penguatan rupiah bisa terjadi jika penguatan sejumlah mata uang Asia dibarengi penurunan imbal hasil obligasi global.

"Kemungkinan jika hal itu terjadi dapat memberikan harapan pada rupiah untuk terjadinya pembalikan arah dari menurun menjadi naik," tutur Reza, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta, Senin 10 Juli 2017.

‎Dengan adanya keadaan itu, Reza memperkirakan, rupiah akan bergerak di kisaran support Rp13.442 per USD, sedangkan resisten berada di Rp13.369 per USD. 

‎Reza mengatakan, meski mata uang negeri Paman Sam melemah, tapi dari sisi lain pergerakan rupiah juga masih dalam teritori negatif. Belum adanya sinyal positif yang signifikan untuk mengangkat rupiah membuat pergerakannya cenderung melemah.



(SAW)