Sistem Terganggu, Menkominfo Sempat Telepon Bos Bursa

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 10 Jul 2017 18:31 WIB
ihsgbei
Sistem Terganggu, Menkominfo Sempat Telepon Bos Bursa
Illustrasi. MI/Panca.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sistem datafeed terganggu selama satu jam setelah perdagangan bursa dibuka tadi pagi. Setelah itu, perdagangan dibuka dengan normal kembali. Adanya gangguan itu, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara langsung menelepon Direktur Utama BEI Tito Sulistio untuk memastikan apakah penyebab gangguan itu karena virus atau yang lain.

Menkominfo khawatir virus ransomware mengganggu sistem keamanan bursa. Serangan ransomware Wannacry menghebohkan dunia. Sejak Jumat 12 Mei 2017, diperkirakan 99 negara terkena dampak serangan ransomware ganas ini, termasuk Indonesia. Serangan ini diketahui setelah beberapa rumah sakit terkemuka mengalami kendala teknis dalam sistem antreannya.

baca : Cari Penyebab Gangguan Datafeed, Bursa Butuh Dua Jam

"Tadi kita juga berterima kasih ke Menkominfo (Rudiantara) sudah telepon menanyakan apakah ini virus, kita bilang bukan. Ini bukan virus karena ini bukan windows," tegas ujar Direktur Utama BEI, Tito Sulistio, ditemui di Gedung BEI, SCBD Sudirman, Jakarta, Senin 10 Juli 2017.

Tito mengaku, bursa menggunakan operasional sistem linux, bukan windows. Dengan keadaan itu, maka keamanan bursa sangat susah ditembus oleh berbagai virus.

"Pada dasarnya kita tidak menggunakan windows, pakainya linux. Yang diserang kan windows. walaupun begitu, cek dan riceknya kita tambah setiap hari sekarang," papar Tito.

Bursa sendiri, menurut Tito, belum mengetahui detail permasalahan tersebut. Namun, bursa akan menemukan akar masalahnya pada sore ini. Pasalnya, bursa bisa mendapatkan fakta yang ada setelah melihat sistem itu sendiri. 

"Prioritas dari pagi pukul 09.30 sampai sekarang, saya tahu prioritas saya adalah jalankan dulu lagi. Kan sudah jalan, sekarang kita sudah terbuka, langsung saya temenin teman-teman kemarin. Jadi ini bukan (ransomware). Kalau ini kita berani jamin," tukas mantan Wakil Direktur Utama di PT Citra Marga Nusphala Persada Tbk (CMNP).





(SAW)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

4 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA