Banyak Halangan Waskita Toll Road IPO di Bursa

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 25 Nov 2016 18:28 WIB
waskita karya
Banyak Halangan Waskita Toll Road IPO di Bursa
Ilustrasi. (FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah terus mendorong perusahaan pelat merah untuk mendapatkan dana segar lewat pasar modal, salah satunya dengan menjalankan penawaran umum perdana saham (IPO).

Terkait hal itu, ‎Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) M Choliq menyebutkan, pada saat ini satu-satunya anak usaha Waskita yang dimungkinkan‎ untuk IPO adalah PT Waskita Toll Road.

"Tetapi, kemungkinan itu menurut saya masih cukup rendah, karena karakteristik dari bisnis toll road, pada saat pelaksanaan proyek itu perusahaan tidak memperoleh laba. Sehingga ya kurang menarik lah," kata Choliq, ditemui usai RUPSLB perseroan di kantor pusat Waskita Karya, Jakarta, Jumat (25/11/2016).

Selain karakter usaha tersebut, ungkap Choliq, ada dua pertimbangan lainnya sebelum IPO, yaitu harga yang menarik dan waktu yang tepat. ‎Tak hanya itu, faktor global dan situasi domestik juga layak mendapat perhatian serius, seperti perlambatan ekonomi Tiongkok yang masih membebani pertumbuhan ekonomi global.

"Pada saat pemerintah stabil. Maka keyakinan investor terhadap infrastruktur akan cukup baik. Tapi kondisi seperti ini masih ada kekhawatiran," jelas Choliq.

Melalui keadaan itu, dia merasa membawa Waskita Toll Road melepas saham di bursa masih belum pantas. ‎Meski dapat dana dari pasar modal dengan melepas saham anak usaha sangat susah, tapi perusahaan akan mendapatkan dana dengan cara lain.

"Kita tingkatkan ekuitas, prioritas pertama melalui penjualan saham Waskita Toll Road dengan mencari str‎ategic partner," pungkas Choliq.


(AHL)